Sukses

Fashion

Yuk, Weekend Ini Pergi Ke Museum Tekstil!

Setelah Anda sibuk bekerja atau kuliah pasti membuat lelah, otak dan hati butuh penyegaran agar di awal minggu bisa bersemangat kembali. Menghabiskan akhir pekan dengan berlibur adalah cara yang tepat untuk mengisi waktu luang Anda. Namun, bila Ladies masih bingung ingin pergi ke tempat yang murah dan berbeda, Vemale punya solusinya nih.

Mungkin sebagian besar orang memilih jalan-jalan ke museum merupakan hal yang sangat membosankan. Eits, jangan salah lho, museum sudah menjadi destinasi wisata yang menyenangkan. Selain berlibur, pengetahuan Anda akan semakin bertambah dengan cerita sejarah dan informasi lainnya yang Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Yap, salah satu museum besar yang ada di Jakarta adalah Museum Tekstil yang terletak di Jalan K.S Tubun nomor 2-4, Jakarta Barat.

Salah Satu Ruangan Museum Tekstil | Foto copyright Vemale.com

"Museum Tekstil dibangun pada awal abad ke -19 yang telah beberapa kali berganti kepemilikan. Sehingga gedung dengan arsitektur bergaya Art Craft ini diresmikan sebagai Museum Tekstil pada tanggal 28 Juni 1976 oleh Ibu Tien Soeharto," kata Dyah Damayanti selaku Kepala Museum kepada Vemale di Museum Tekstil, Jakarta Barat, Rabu 7 Januari 2015.

Di dalam museum ini terdapat 2350 koleksi yang terdiri dari 886 koleksi kain batik, 819 koleksi kain tenun, 425 koleksi campuran, 70 koleksi peralatan, 150 koleksi busana dan tekstil kontemporer. Semua koleksi tersebut terdapat dalam ruang display.

Ruang display digunakan untuk memamerkan tekstil Indonesia baik koleksi museum, koleksi desainer maupun masyarakat pecinta tekstil. Ruang display disajikan dalam ruang terbuka, tujuannya agar pengunjung dapat melihat dan mengeksplorasi koleksi secara lebih dekat, yang akan menemukan indahnya pesona kain-kain tersebut.

Selain ruang display di gedung ini juga terdapat toko museum, perpustakaan, taman pewarna alam dan kebun tanaman serat, ruang pengenalan sastra, pelatihan dan galeri batik.

Salah Satu Display Kain Tenun Nusantara. | Foto: copyright Vemale.com

Untuk memasuki Museum Tekstil ini Anda hanya cukup membayar Rp 5.000 saja. Sedangkan mahasiswa atau pelajar dikenakan harga tiket masuk Rp 3000, dan anak-anak hanya Rp 2000. sangat ekonomis 'kan, ladies?

Museum Tekstil ini dibuka dari hari Selasa sampai Minggu, pukul 09.00 - 15.00 WIB.

Bila Anda pecinta kain Indonesia dan ingin melihat secara langsung beraneka ragam kain serta arti kain tersebut, langsung saja yuk akhir pekan minggu ini kunjungi Museum Tekstil! Anda perlu memahami kain-kain khas nusantara agar tidak diklaim lagi oleh negara tetangga. Karena, siapa lagi yang melestarikan budaya fashion khas nusantara kalau bukan kita? Anda sepakat, ladies?

(vem/yun/nip)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading