Sukses

Fashion

Songket Palembang, Dengan Motif Berbeda Tunjukkan Kecantikan Indonesia

Ladies, salah satu karya seni kerajinan warisan budaya dan leluhur bangsa ini adalah kain songket. Songket itu sendiri disebut dengan Ratunya Kain, tidak heran jika kemudian songket-songket indah yang bisa dipadu padankan dengan kebaya anggun tersebut harganya tidaklah murah.

Di Pulau Sumatera sendiri, yang merupakan pusat kerajinan kain songket yang terkenal dan unggul adalah di daerah Pandai Sikek dan Silungkang Minangkabau Sumatera Barat serta di Palembang Sumatera Selatan. Perbedaan songket Palembang dengan yang lainnya terletak dari teknik pengerjaannya.

"Bedanya songket Palembang terletak pada caranya, kalau tenun songket ini bikinnya satu per satu," kata Hasmala di JCC Senayan Jakarta Pusat Kamis 27 November 2014 lalu.

Wanita asli Palembang ini mengaku sudah puluhan tahun menenun songket, ratusan kain songket telah ia hasilkan. Menurutnya, membuat songket tidaklah mudah, harus dibutuhkan keahlian khusus dalam mengerjakannya.

Kain Songket Palembang/ foto: Copyright by Vemale.com

"Awalnya saya tidak bisa, butuh keahlian khusus belajar dari awal. Belajar awal masukin benang emas dulu, kemudian lama-lama jadi bisa membuat songket," ujarnya.

"Mata harus jeli dan tangan terasa pegal, tetapi ini sudah kapalan," tambah Hasmala.

Hasmala mengatakan bahwa ia mengerjakan songket yang ukurannya 2 meter membutuhkan waktu 3 bulan dan setiap harinya Hasmala menenun selama 8 jam. Itulah yang membuat dirinya ahli dalam membuat songket.

"Tenun itu susah ya, ada juga yang memakai mesin, kalau pakai mesin cepat rusak dan tenunnya tidak rapat-rapat, tapi kalau manual dengan tangan hasilnya bagus," jelasnya.

Ibu Hasmala, penenun songket/ copyright by Vemale.com

Ada berbagai macam motif songket Palembang, akan tetapi yang menjadi ciri khas songket tersebut terletak pada motif, yaitu motif bungo intan, bungo cina, rakam, nampan dan lain sebagainya.

Harga kain songket Palembang sendiri dimulai dari Rp 3.500.000,- sampai Rp 35.000.000,-

"Kalau ingin kain songket tetap awet, songket disimpan dengan cara digulung, lalu untuk membungkusnya pakai plastik berwarna putih," tutup Hasmala dengan memberikan tips.

Nah Ladies, sudah tahu bagaimana cara menyimpan songket agar tetap tahan lama, bukan? Yuk, miliki juga kain asli Indonesia yang cantik ini Ladies.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading