Sukses

Fashion

Dini Pratiwi Irawati, Terinspirasi Dari Kisah Candi Prambanan Pada Koleksinya Di JFW 2015

Di hari kedua Jakarta Fashion Week atau JFW 2015 kali ini, para desainer tetap berusaha menampilkan karya-karya terbaik mereka yang di fashion show-kan. Salah satu desainer muda dan berbakat yang ikut meramaikan acara fashion ini adalah Dini Pratiwi Irawati. Wanita ini memamerkan karyanya, Siwagrha dalam fashion show bersama dua desainer berbakat lainnya. The Gracious, yang mengedepankan sentuhan keanggunan seorang wanita yang mewah dan elegan. Tema Siwagrha oleh Dini Pratiwi Irawati menceritakan kemegahan, keindahan serta legenda menarik salah satu warisan budaya Indonesia, yaitu Candi Prambanan.

“Keelokan candi serta legenda Lara Jonggrang yang punya daya tarik tinggi adalah sumber inspirasi saya dalam mengolah 16 koleksi busana Spring/Summer untuk dipamerkan pada JFW 2015 dengan warna putih, off-white, ivory dan gold. Layaknya sosok Lara Jonggrang, koleksi saya mencerminkan karakter wanita yang kuat, tangguh, seksi namun tetap elegan,” tutur Dini di media room Senayan City Jakarta Minggu 2 November 2014 lalu.

Dalam acara JFW 2015/ Copyright by Vemale.com

Menurut wanita yang pernah merancang gaun untuk Miss Netherlands pada gelaran Miss World Top Model dalam Miss World 2013 tersebut, Candi Prambanan adalah komplek candi Hindu terbesar di Indonesia dengan Candi Siwa atau Siwagrha yang merupakan candi induk sebagai pusat perhatian utama. Candi yang kokoh menjulang ini dikenal juga dengan nama Candi Lara Jonggrang melalui ceritanya sangat melegenda. Konon Lara Jonggrang memiliki kecantikan yang memikat hingga sanggup mengisyaratkan pembangunan 1,000 candi dalam waktu satu malam. Selain itu, tiap struktur, arsitektur, relief maupun seluruh bangunan patung di Candi Prambanan menyiratkan banyak arti.

”Bagaikan candi prambanan yang dipenuhi oleh relief sarat makna yang mempesona, Dini juga menghadirkan koleksi dengan teknik jahit yang mendetil dan handmade antara lain sequins, printed illustration, fringe, embellishment serta teknik cut-out embroidery menggunakan bahan silk duchess, pure cotton serta tulle. Dengan detil mewah yang dikerjakan secara teliti, Siwagrha merupakan koleksi ready-to-wear menggunakan teknik fine quality craftsmanship,” jelasnya.

Koleksi Dini dalam JFW 2015/ copyright by Vemale.com

Dini Pratiwi Irawati menerjemahkan berbagai sejarah yang mengagumkan, seperti legenda pembangunan 1,000 candi pada mini dress, desain candi pada crop top dan tulip skirt serta berbagai ukiran-ukiran artistik yang diaplikasikan melalui teknik cut-out embroidery.

Penasaran Ladies, seperti apa hasil rancangan Dini yang terinspirasi dari 1000 candi? Simak berita foto berikut ini.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading