Sukses

Fashion

Billy Tjong Mempersembahkan Show Tunggal Pertamanya Dengan Judul ‘Portrait’

Apa arti potret bagi Anda? Mungkin sebagian besar dari Anda akan menjawab potret  hanyalah kata lain dari foto, atau potret adalah kumpulan dari foto-foto yang dijadikan satu. Sebagian lagi mungkin akan menjawab, potret adalah cerminan atau gambaran dari sebuah kegiatan yang menarik dan sangat berharga yang diabadikan dalam sebuah gambar tidak bergerak.

Apapun arti potret untuk Anda, sudah pasti artinya menggambarkan sesuatu yang indah dan menyenangkan. Sementara potret bagi seorang desainer mode Billy Tjong, adalah sebuah proses perjalanan serta proses pengabadian satu demi satu frame kehidupan. Kehidupan yang tidak melulu berisi kesenangan yang akan usang.

Seperti halnya album foto yang tidak selalu menampilkan kebahagiaan, tetapi juga berbagai ungkapan kesedihan, serta segudang perasaan lain yang terselubung di balik bahasa tubuh yang terabadikan. Perjalanan kehidupan inilah yang kemudian diabadikan oleh lensa kamera sang desainer.

Billy Tjong

Billy Tjong bukan sosok asing dalam dunia mode Indonesia. Dia adalah salah satu desainer mode Indonesia yang meraih gelar pemenang favorit Lomba Perancang Busana Majalah Femina 2005. Hasil karya rancangannya beberapa kali dipamerkan pada perhelatan Jakarta Fashion Week dan pada tahun 2006 lalu, Billy Tjong menjadi wardrobe designer untuk para aktris dalam film televisi yang meraih beberapa piala vidia dengan judul ‘Supermodel’ karya sutradara Garin Nugroho yang dibintangi oleh supermodel Indonesia Fahrani Empel dan aktor tampan Fedi Nuril sebagai pemeran utama. Prestasi Billy Tjong lainnya adalah memenangkan beberapa lomba seperti Concours International des Jeunes Creatures de Mode pada tahun 2003, menjadi desainer tunggal bagi para model di ajang L’Oreal Colour Tropy Hair Show serta menjadi partner Bvlgari dalam peluncuran koleksi terbaru Bvlgari 2012 di Indonesia.

Hari Rabu lalu, Billy Tjong mempersembahkan show tunggal pertamanya di Foundry SCBD dengan judul ‘Portrait’. Dalam Portrait, Billy Tjong mempersembahkan 32 set busana siap pakai dengan motif printing foto karyanya sebagai menu utama. 32 set ready to wear tersebut dibagi menjadi 3 sesi yang berbeda yaitu ‘The Brightness Portrait’.

Pada sesi ini, Billy Tjong mengajak para fashionista untuk menengok tempat-tempat menarik dan penuh warna cerah yang bergaya pecinan lengkap dengan lampion berwarna merah menyalanya, sunset di Bali dan koleksi foto-foto instagram dari akun pribadinya. Siluet yang ditampilkan untuk sesi ini adalah dress terusan dengan detail peplum yang dipadu dengan rok lurus, busana bertekstur ringan dengan potongan asimetris, busana bernuansa oriental, flapper dress dan gaun lingkaran. ‘The Darkness Portrait’ adalah sesi show kedua, di sesi ini motif yang tergambar pada busananya berupa kolase-kolase foto berwarna hitam putih hasil eksplorasi dari foto-foto perayaan Waisak, tari kecak di Bali, sampai foto aktifitas di pasar Beringhardjo.

Siluet yang ditampilkan untuk sesi ini adalah atasan kimono dengan detail see-through dengan rok lurus berwarna hitam metalik, atasan rajut cut off shoulder, little black dress dan cape. Untuk sesi ketiga, Billy mengangkat ‘The Twilight Portrait’ berupa 9 set maxi dress dan 1 gaun pendek. Siluet yang dihasilkan pada sesi ketiga ini adalah mermaid, ballgown oriental look, see-through dengan detail handmade dari rangkaian bunga-bunga dan daunan yang rumit.

Sementara 10 set gaun malam dan 8 set gaun pengantin ia jadikan layaknya rangkuman perjalanan karirnya di dunia mode Indonesia. Secara keseluruhan show yang dipersembahkan Billy Tjong malam itu ada 5 sesi. 2 sesi terakhir dipersembahkan dalam ‘The Portrait of Muse’ yang dipersembahkan untuk para pelanggan setianya dan ‘The Retrospection Portrait’ berupa gaun pengantin yang bisa Anda jadikan pilihan dan referensi, Ladies.

Jika Anda melihat karya-karya yang ditampilkan oleh Billy Tjong, Anda akan melihat motif-motif menarik dan tidak biasa yang diterapkan dalam siluet busana. Sepintas seperti melihat karya Mary Katrantzou dalam versi sederhana. Kalau dilihat lebih detail lagi, Anda akan melihat gambar perempuan tradisional Indonesia dan gambar-gambar yang biasa Anda lihat pada lukisan kemudian diaplikasikan dengan sangat rapi pada karya rancangan pemilik brand sepatu ‘Millie Shoes’ ini.   

Lihat fotonya di galeri berikut ini.

(vem/cjm/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading