Sukses

Fashion

Wanita Lebih Suka Duduk Ngangkang Demi Keselamatan

Wacana larangan duduk ngangkang di atas sepeda motor menuai kontroversi dari berbagai lapisan masyarakat, khususnya wanita. Sempat disinggung oleh artikel sebelumnya Heboh Kontroversi Wanita Dilarang Duduk Ngangkang, kamipun mengumpulkan opini dari pembaca Vemale.com.

Inilah alasan para wanita lebih memilih duduk ngangkang ketimbang duduk menyamping.

Yasinta

"Gerak lebih terbatas saat harus duduk menyamping, apalagi kan itu bertumpu pada satu sisi saja, jadi rawan jatuh."

Noviana

"Kalau ngangkang kan reaksi saat hendak terjatuh lebih cepat, dan bisa berpegangan serta bertumpu pada pull-step. Sementara kalau duduk nyamping resiko jatuh ke belakang, ke depan atau samping lebih besar. Apalagi untuk ibu hamil atau manula, bahaya tuh."

Sila Ananda

"Dulu pernah jatuh sih saat duduk nyamping, dan memang jauh lebih aman saat duduk ngangkang. Jadi hingga saat ini lebih milih duduk ngangkang saja, kecuali saat memakai rok."

Eva

"Lebih suka duduk ngangkang ya. Apalagi saat ini saya sedang hamil, keseimbangan itu jadi lebih rendah. Nggak aman kalau saya duduk nyamping. Bahaya buat saya, juga buat si jabang bayi kan. Saya lebih memilih keselamatan deh, pokoknya..."

Destri

"Sebenarnya tergantung pada saat itu pakaian yang dipakai apa. Kalau rok ya memang lebih enak nyamping agar tidak tersingkap. Tetapi, bagaimanapun duduk ngangkang itu lebih nyaman dan aman. Apalagi nggak ada rasa was-was mau jatuh dan tidak perlu ribet mengatur posisi."

Wenny

"Lebih suka duduk ngangkang karena nyaman, aman dan bisa langsung berpegangan dalam posisi rem mendadak. Apalagi saya punya banyak pengalaman buruk ketika duduk menyamping, demikian juga dengan teman saya yang resiko kecelakaan lebih besar ketika duduk nyamping."

Agustin

"Duduk nyamping itu selain nggak nyaman juga tinggi resiko jatuhnya. Apalagi badan rasanya lebih cepat capek saat duduk nyamping. Bayangin aja kalau misalnya jarak yang ditempuh itu jauh, saat tubuh capek kan reaksi keseimbangan jadi terganggu. Nggak heran kalau mudah terjadi kecelakaan atau jatuh dari motor."

Yuanita

"Kan memang lebih bahaya kalau duduk nyamping. Saya punya pengalaman buruk pas duduk nyamping, kaki saya terserempet mobil. Dan nggak jaminan juga kok duduk nyamping itu lebih aman dan tidak mengundang pikiran kotor pria, karena justru saat duduk nyamping itu saya pernah dicolek kakinya."

Ayu

"Bagi saya duduk nyamping justru lebih bahaya. Bahaya bagi kenyamanan dan keselamatan, serta lebih mudah mengundang orang mengintip isi dalam rok. Apalagi kalau duduk nyamping, pinggang lebih cepat lelah ya."

Tania

"Kan lebih seimbang saat duduk ngangkang, jadi lebih diutamakan keselamatan dulu deh."

Putri

"Untuk jarak pendek, saya fine-fine aja duduk nyamping, apalagi saat itu memakai rok. Tetapi saya tetap lebih mengutamakan keselamatan, jadi saat perjalanan jauh saya lebih prefer pakai celana dan duduk ngangkang. Duduk nyamping lebih cepat capek."

Amalia

"Saya nggak pernah merasa nyaman saat duduk nyamping. Terutama saat melewati polisi tidur, jalanan berlubang, atau saat berbelok, bawaannya selalu mau jatuh. Tetap aja kan harus berpegangan. Jadi lebih aman dan nyaman kalau duduk ngangkang deh, sekalipun nggak berpegangan, kita tetap dalam posisi seimbang dan meminimalisir resiko jatuh."

Pendapat para ahli

Lantas, bagaimana pendapat para ahli mengenai hal ini? Ketua Umum Road Safety Association, Edo Rusyanto mengungkapkan bahwa posisi duduk ngangkang jauh lebih ideal dan aman untuk membantu keseimbangan saat berada di atas sepeda motor. Saat ada guncangan maupun rem mendadak, si penumpang akan lebih siap dan tidak jatuh atau terlontar.

Pendapat ini juga didukung oleh Jusri Pulubuhu, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), yang mengungkapkan bahwa secara teknis duduk menyamping akan lebih membahayakan keselamatan wanita. Posisi ini mengurangi keseimbangan beban karena beban tubuh condong ke posisi kaki penumpang.

Jadi, mana yang lebih penting menurut Anda? Wacana yang didasari menjaga kehormatan wanita atau mempertimbangkan keselamatan jiwa wanita saat duduk di atas sepeda motor? Bagikan opini Anda.

Baca juga:

Hebohnya Kontroversi Wanita Dilarang Duduk Ngangkang

Perempuan Tidak Boleh Duduk Ngangkang, Pendapat Anda?

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading