Sukses

Fashion

Si Hitam Ganguro, Gaya Dandan Tanned Ala Jepang

Ganguro style adalah gaya dandan yang muncul di era 90 an dan makin ngetren memasuki tahun 2000. Meskipun kelihatannya aneh dan nyentrik, namun gadis-gadis Jepang usia 20 an sangat percaya diri menggunakan dandanan ini. Ganguro memiliki makna 'wajah hitam' dari kata 'Gan' (wajah) dan 'Kuro' (Hitam).

Mereka berkeliaran di kota dengan kulit tanning (melegamkan kulit dengan berjemur di bawah matahari atau menggunakan media kosmetik maupun alat penghitam kulit) yang legam kecoklatan, bulu mata palsu, eyelinerdan cat rambut putih keperakan, menggunakan rok mini serta wedges tinggi. Selain itu mereka akan menggunakan batu permata palsu untuk ditempelkan di wajah mereka. Bibir mereka dihiasi lipstik dengan warna keperakan atau pink pucat terang yang sangat kontras dengan kulit. Ini akan memberikan efek seolah bibir mereka tebal dan sepintas seperti orang negro.

Dengan kulit legam tersebut, mereka tidak minder menggunakan warna pakaian yang ngejreng serta aksesoris berupa gelang, kalung besar dan cincin. Sambil eksis, mereka akan membawa produk-produk bermerk, seperti tas dan sepatu. Ganguro diyakini para peneliti di Jepang sebagai bentuk pemberontakan terhadap norma mengenai bagaimana wanita cantik seharusnya di sana, seperti dilansir dari harajukustyle.net. Meski dandanannya nampak aneh, namun banyak orang di luar Jepang yang suka mencoba menerapkan gaya ganguro ini.

Ganguro memiliki tarian khas yang disebut 'Para-Para Dance'. Sebenarnya Tarian Para-Para ini merupakan gerakan tertentu yang dikombinasikan dengan musik Japanese Pop (J-Pop). Gadis-gadis ganguro pergi ke clubdan berkumpul untuk menentukan gerakan baru dari tarian tersebut.

Orang Jepang memang sangat kreatif dalam menciptakan trend, sekalipun trend tersebut nampak asing, tabrak lari dan aneh di mata kita. Unik ya, Ladies. Nah buat Anda yang suka dengan dandanan ala Jepang, ada yang berani mencoba gaya ini?

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading