Sukses

Beauty

Dark Spot Muncul di Usia 20-an Tahun? Awas, Tanda Penuaan Dini

Ladies, beragam aktivitas yang kita lakukan sehari-hari memberikan efek perubahan pada kulit. Apalagi untuk kita yang telah berusia di atas 20 tahun, dan banyak beraktivitas di luar ruangan. Dark spot menjadi 'momok' yang menghiasi wajah kita jika tidak disertai perawatan yang tepat.

Apa itu "dark spot"?

Istilah dark spot mengacu pada kondisi terjadi akumulasi pigmen pada satu area kulit atau hiperpigmentasi. Dark spot umum dijumpai pada wanita berusia di atas 20 tahun terutama di area dahi atau pipi dan dapat dijadikan tanda bahwa mulai terjadi proses penuaan pada kulit.

Penyebab dark spot bisa karena stres lho

Faktor penyebab munculnya dark spot antara lain adalah faktor genetik, kehamilan, sinar ultraviolet, dan penyakit kulit. Pada wanita usia antara 20 – 50 tahun, kondisi hormonal yang fluktuatif akibat stres, kehamilan, kontrasepsi, dan menopause sangat berperan memacu munculnya dark spot.

Mencegah dark spot sedari dini

Untuk menghindari atau memperlambat munculnya dark spot pada wajah maka disarankan untuk selalu melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet. Perlindungan yang dapt diberikan bisa berupa penggunaan payung atau topi saat beraktivitas siang hari dan menggunakan sunscreen.

Penggunaan sunscreen merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menghindari munculnya darkspot. Menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 secara merata pada kulit dengan pengulangan setiap 2 sampai 3 jam sekali akan mejaga kulit dari paparan sinar ultraviolet. Penggunaan produk perawatan yang mengandung antioksidan dan vitamin C dan E akan mengurangi munculnya dark spot yang muncul akibat radikal bebas.

Mengatasi dark spot pada kulit dapat dilakukan dengan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui jenis dan penyebab dark spot karena setiap jenis dan penyebab akan memiliki jenis pengobatan yang berbeda. Chemical peeling, mikrodermabrasi, intense pulse light, laser dan krim pencerah wajah merupakan beberapa jenis terapi yang dapat digunakan untuk membantu masalah dark spot.

Sumber: Olive Tree Health and Beauty Center

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading