Sukses

Beauty

Ladies, Ini Perlindungan Kulit Yang Tepat Untuk Wanita Indonesia

Saat kita sedang melakukan aktivitas outdoor memang paparan sinar matahari langsung menyerang kulit kita. Beberapa efeknya antara lain menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, bahkan menghitam. Tidak mau dong terjadi masalah tersebut? Untuk itu, kulit pun membutuhkan perlindungan khusus dari paparan sinar matahari secara langsung.

Dr. Srie Prihianti Gondokaryono, Sp.KK, phD, FINSDV, FAADV, Sekretaris Umum dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) menjelaskan bahwa ada dua faktor utama yang mempengaruhi perlindungan kulit. Dua faktor tersebut ialah sun protection factor (SPF) dan Protection Against UVA (PA). SPF dapat melindungi kulit terhadap radiasi UVB yang menyebabkan kulit terbakar dan diukur dengan angka, contohnya SPF 30, SPF 50. Sedangkan, SPF berfungsi melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet B (UVB) yang dapat menyebabkan kulit terbakar.

"Angka dari SPF tersebut bisa diperkirakan jangka waktu perlindungannya bagi kulit, SPF yang lebih tinggi bisa melindungi kulit dari sinar UV lebih lama. Sebenarnya, semua tergantung dari kondisi masing - masing kulit. Umumnya, ketika kulit lebih putih, membutuhkan perlindungan SPF yang lebih banyak," ujar Dr. Srie saat ditemui dalam acara Nivea Sun, Enjoy the Sun, Jakarta.
Foto: copyright Vemale.com/Anisha Saktian Putri
Sedangkan untuk PA, dapat melindungi kulit terhadap radiasi UVA yang menyebabkan kerusakan kulit yang lebih dalam dan diukur dengan tanda +. Perlu diketahui, tanda + diartikan sebagai seberapa kuat kulit kita terlindungi oleh UVA, dimana + lebih kuat dua kali, ++ lebih kuat empat kali, dan +++ lebih kuat delapan kali. Perlindungan yang paling disarankan bagi kulit Asia adalah PA++.

"Penggunakan suncare baik di dalam maupun di luar ruangan sangat disarankan. Apalagi sinar matahari UVA dan UVB tidak kasat mata. Perlu dicatat, bahwa suncare yang mempunyai SPF lebih tinggi tidak menjamin perlindungan kulit sepanjang hari," tuturnya.

Untuk itu, Dr. Srie menyarankan dalam penggunaan suncare haruslah berulang - ulang, agar kulit tetap terlindungi dari sinar matahari. Nah Ladies, jangan remehkan penggunaan suncare ya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen saat akan beraktivitas meskipun kamu berada di dalam ruangan.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading