Sukses

Beauty

Jangan Asal, Ini Takaran Yang Pas Saat Akan Pakai Sunscreen

Ladies punya hobby mendaki gunung atau menikmati keindahan pantai? Aktivitas outdoor ini memang sangat menyenangkan, namun saat melakukan aktivitas di luar ruangan tersebut kamu juga harus selalu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan selalu menjaga kelembabannya. Kulit yang terpapar sinar matahari dapat terbakar dan parahnya bisa sampai memicu risiko kanker kulit. Salah satu perlindungan untuk mencegah hal ini adalah dengan menggunakan sunscreen.

Sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui cara yang benar dalam memilih atau menggunakan sunscreen. Alhasil, manfaatnya pun tak bisa dirasakan secara maksimal bagi penggunanya. Lalu berapa takaran yang tepat menggunakan sunscreen?

Dr. Srie Prihianti Gondokaryono, Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV, Sekretaris Umum dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) memaparkan bahwa penggunaan suncare baik di dalam maupun luar ruangan sangat disarankan. Apalagi sinar matahari UVA dan UVB tidak kasat mata. Penting diketahui bahwa suncare yang mempunyai SPF lebih tinggi tidak menjamin perlindungan kulit sepanjang hari. SPF rendah atau tinggi menandakan berapa lama kita harus mengoleskan kembali dan tergantung juga dari jenis kulit serta kondisi lingkungan.

Sebagai rekomendasinya, gunakan suncare dengan Aturan Sendok Teh (teaspoon rule), yaitu masing-masing 1 sendok teh di area wajah, leher dan tiap lengan, 2 sendok teh untuk area dada, punggung, dan tiap kaki. Ulangi penggunaan suncare tiap 2 jam sekali agar dapat maksimal memberikan perlindungan pada kulit.

"Berikan perawatan tambahan pasca terkena paparan sinar matahari jika diperlukan," ujar Dr. Srie saat ditemui dalam acara Nivea Enjoy The Sun, di Jakarta.
Foto: copyright Vemale.com/Anisha Saktian Putri
Hal serupa disampaikan oleh Panji Cakrasantana, Brand Manager NIVEA Sun, Panji menjelaskan bahwa dalam mengaplikasikan suncare kita harus mengetahui keunggulan dari produk tersebut selain mempunyai SPF dan PA yang tinggi. Pilihlah produk suncare yang tidak hanya melindungi kulit dari sinar tabir surya (UVA & UVB) dan tahan air, namun juga melembabkan kulit dengan Vitamin E, dan tidak lengket saat diaplikasikan, seperti Nivea Sun.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading