Sukses

Beauty

Rambut Kamu Berketombe? Begini Cara Untuk Merawatnya

Ketombe merupakan masalah rambut yang tak hanya mengganggu tetapi juga dirasa sangat menyebalkan, bikin rasa percaya diri berkurang dan terkadang bikin emosi. Terlebih lagi, ketika ketombe yang ada menyebabkan berbagai masalah rambut lain seperti rambut rontok, kusam dan lepek.

Mengenai rambut berketombe, sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan berbagai cara dan perawatan. Mulai dari perawatan di klinik kecantikan menggunakan obat ketombe, atau perawatan di rumah dengan memanfaatkan berbagai bahan alami. Tapi nih ya, setelah melakukan perawatan dan memberi obat pada rambut agar ketombe hilang, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut agar ketombe tak balik lagi.

Berikut adalah beberapa cara untuk merawat rambut berketombe agar ketombe yang ada lekas hilang dan tidak kembali lagi.

  1. Cuci rambut atau keramas menggunakan sampo yang memang untuk mengatasi masalah rambut berketombe. Usahakan agar memilih sampo dan kondisioner yang tepat buat kulit kepala kamu.
  2. Ketika kamu menggunakan kondisioner, gunakan hanya di ujung rambut saja. Hindari menggunakannya  hingga pangkal rambut karena ini bisa memicu munculnya ketombe baru. 
  3. Hindari melakukan creambath ketika kulit kepala masih berketombe. Creambath yang dilakukan secara asal dikhawatirkan akan melukai kulit kepala dan membuat ketombe yang ada semakin parah. 
  4. Saat rambut basah, hindari mengeringkan rambut menggunakan handuk secara kasar. Hindari juga mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Biarkan rambut kering secara alami. Kamu cukup menepuk-nepuk rambut dengan handuk bersih dan angin-anginkan rambut. 
  5. Gunakan tonic agar rambut lebih kuat dan sehat. 
  6. Konsumsi berbagai makanan yang menyehatkan rambut dan diperlukan tubuh seperti makanan mengandung vitamin A, E, dan C. Perbanyak konsumsi buah dan sayur agar kulit kepala semakin sehat. 
  7. Jika kamu ingin mewarnai atau meluruskan serta mengeriting rambut, pastikan memilih produk pewarna yang aman dan terpercaya. 
  8. Pastikan bahwa kulit kepala selalu bersih. Menjaga kebersihan kulit kepala bisa dilakukan dengan keramas setidaknya 3 hari sekali. Saat keramas, pastikan kamu membilas rambut dan kulit kepala hingga benar-benar bersih dan tak ada sisa sampo yang tertinggal. 
  9. Buat yang berhijab, usahakan agar tidak memakai hijab saat rambut masih basah. Jangan biarkan pula kulit kepala terlalu lembab karena hijab yang kamu gunakan.


Ladies, itulah beberapa cara merawat rambut berketombe. Semoga bermanfaat

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading