Sukses

Beauty

4 Cara Sederhana Ini Bisa Bantu Kamu Mengurangi Perasaan Cemas

Setiap orang pasti pernah merasa cemas, khawatir dan stres. Perasaan yang sama sekali tak enak ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Tapi yang pasti, perasaan cemas sering kali disebabkan oleh pikiran negatif yang ketakutan bahwa akan terjadi sesuatu buruk ke depannya. Ketika mengalami perasaan cemas, sangat disarankan agar kita senantiasa menenangkan diri dan mengatasi rasa cemas ini. Rasa cemas yang berlebihan justru akan membuat kesehatan fisik maupun psikis kamu terganggu.

Pada dasarnya, rasa cemas bisa dilawan dan diatasi dengan berbagai cara mudah serta sederhana. Dikutip dari laman medicaldaily.com, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi sekaligus mengatasi rasa cemas, khawatir serta stres. Adapun beberapa cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

    Menggenggam Batu / Kerikil

    Cara mudah pertama untuk mengatasi dan mengurangi cemas atau khawatir adalah menggenggam batu atau kerikil. Percaya atau tidak, menggenggam batu bisa mengurangi rasa khawatir dalam hati. Ini juga akan bantu kamu merilekskan otot-otot tubuh yang tegang akibat rasa cemas. Para ahli percaya bahwa menggenggam sesuatu di tangan khususnya menggenggam batu akan membuat perasaan perlahan menjadi lebih rileks, nyaman dan jauh dari kecemasan serta stres.

    Menggigit Pensil

    Selain menggenggam batu atau kerikil, cara yang bisa digunakan untuk mengatasi serta mengurangi kecemasan adalah menggigit pensil. Lebih menarik lagi, menggigit pensil juga memungkinkan kita sembuh dari sakit kepala atau migrain.

    Mencium dan Merasakan Aroma Teh serta Lemon

    Jika kamu ingin perasaan cemas benar-benar hilang dengan baik secara perlahan dan fisik pun semakin bugar lagi segar, cobalah untuk konsumsi teh atau lemon. Aroma wangi teh dan lemon serta rasanya yang khas, hal ini akan bantu pikiran menjadi lebih tenang. Ini juga akan mengurangi perasaan cemas, khawatir dan stres karena kandungan nutrisi serta vitamin di dalam minuman ini begitu baik buat kesehatan psikis maupun fisik.

    Mendengarkan Lagu

    Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan demi meredakan perasaan cemas dan khawatir adalah dengan mendengarkan lagu. Disarankan agar kamu mendengarkan lagu yang tenang dan yang memotivasi. Kalau tak suka mendengar lagu, kamu bisa mendengar suara gemricik air atau segala sesuatu yang menenangkan dan bernuansa alam.


Ladies, itulah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mengatasi stres. Oh iya, selain cara di atas, cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mengurangi stres antara lain adalah mewarnai, melihat pemandangan alam, menulis, melukis serta memasak. So, ketika kamu merasa cemas dan khawatir, jangan lupa untuk mengatasinya dengan cara di atas. Pastikan pula untuk senantiasa berpikir positif agar suasana hati kamu senantiasa nyaman, tenang serta bebas stres. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading