Sukses

Beauty

Hati-Hati, Kebiasaan Makan Seperti Ini Bisa Sebabkan Depresi

Pernah nggak bertanya-tanya kenapa badan gampang lelah dan pikiran gampang stres? Penyebabnya bisa sangat beragam. Salah satunya adalah dari soal kebiasaan makan.

Ada kebiasaan makan yang justru gampang bikin stres dan depresi. Mulai dari terlalu banyak konsumsi gula, kecanduan kafein, hingga terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di bawah ini.

Ketergantungan dengan Kopi
Habis sarapan langsung ngopi biar melek untuk kerja. Siang harinya saat ngantuk, minum kopi lagi. pas malam harinya ketika harus lembur, minum kopi lagi biar nggak ngantuk. Kalau hal ini jadi kebiasaan dan malah bikin ketergantungan maka efeknya bisa sangat negatif.

Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, menurut The Journal of Young Investigators kalau sudah kecanduan lalu berhenti minum kopi, penurunan kadar serotonin ini kemudian bisa menyebabkan kegelisahan, mudah tersinggung, dan susah konsentrasi. Sehingga pikiran jadi nggak tenang dan malah gampang stres.

Terlalu Banyak Konsumsi yang Manis-Manis
Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula tidak baik untuk tubuh. Serotonin sangat penting untuk menjaga sistem kerja tubuh, mulai dari soal siklus tidur, mengendalikan rasa sakit, kebutuhan akan karbohidrat, dan pencernaan. Kadar serotonin yang rendah bisa bisa mengakibatkan menurunnya fungsi imun tubuh.

Dengan meningkatkan tekanan darah, makan produksi kortisol pun meningkat. Peningkatan kortisol ini bisa meningkatkan produksi hormon tiroid yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Bahkan bisa menyebabkan gangguan sistem reproduksi. Dan kalau kadar kortisol ini kelewat tinggi maka bisa menyebabkan infertilitas hingga keguguran.


Terlalu Banyak Makan Makanan yang Digoreng
Makanan yang dimasak dengan minyak yang mengalami hidrogenasi dan mengandung lemak trans bisa menyebabkan depresi bila dikonsumsi. Jadi kalau tak ingin merasa gampang tertekan atau depresi, batasi konsumsi makanan berminyak atau yang digoreng.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi
Tahukah kalau garam bisa meningkatkan tekanan darah. Sehingga jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang kandungan garamnya terlalu tinggi. Khususnya di malam hari di mana tubuh perlu istirahat di malam hari. Bukannya malah disuruh kerja keras untuk mengonsumsi makanan yang kandungan garamnya terlalu tinggi.

Untuk melenyapkan bad mood atau meredakan stres, perbanyak konsumsi sayuran hijau, buah alpukat, buah tomat, kacang-kacangan, buah apel, dan ikan. Saatnya untuk lebih memperhatikan dan menjaga pola makan kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, setuju Ladies?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading