Sukses

Beauty

Badan Gampang Capek Meski Sudah Tidur Cukup? Penyebabnya...

Sudah tidur cukup dan terasa nyenyak, tapi kenapa badan masih terasa gampang capek, ya? Ditambah dengan beban kerja dan rutinitas harian, rasanya tubuh ini selalu saja kekurangan energi. Hm, kira-kira apa ya penyebabnya?

Ada banyak faktor penyebab tubuh yang gampang capek meski sudah tidur cukup. Sekalipun sudah tidur 8 jam setiap malam misalnya, tubuh bisa tetap gampang capek karena satu dan lain hal. Secara umum, penyebab tubuh gampang capek meski sudah tidur cukup antara lain:

    Tubuhmu Dehidrasi

    Tahukah kalau otak kita tersusun dari 85 persen air? Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, organ-organ tubuh kia tak bisa bekerja dengan efisien kalau kita dehidrasi. Karena jantung mengirimkan oksigen dengan tempo yang lebih lambat sehingga membuat kita merasa gampang letih dan lelah. Saat kamu merasa gampang lelah, cobalah untuk lebih memperhatikan kebutuhan tubuhmu akan air atau cairan yang cukup.

    Kamu Jarang Olahraga

    Sering kita beranggapan kalau tubuh bakal gampang capek kalau olahraga. Padahal olahraga bisa jadi cara untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Baik itu cuma olahraga jalan kaki ringan atau jogging beberapa menit sehari, dampaknya bisa membuat kualitas tidurmu lebih baik. Dan tubuh jadi nggak gampang capek lagi.

    Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Berkarbohidrat

    Pola makan yang buruk bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terlalu banyak konsumsi makanan berkarbohidrat bisa membuat tubuh gampang capek. Penting untuk memastikan makanan yang kita konsumsi cukup nutrisi, vitamin, dan serat untuk menjaga kesehatan tubuh tetap prima atau bugar.

    Gula Darah Tak Seimbang

    Kandungan gula darah yang tak seimbang bisa membuatmu gampang kekurangan energi. Penyebab ketidakseimbangan gula darah ini bisa karena makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan atau makanan kaya gula, kamu bisa gampang merasa letih setiap kali beraktivitas.

    Kamu Stres atau Depresi

    Seringkali kita tak sadar kalau sebenarnya kita sedang stres atau depresi. Tahu-tahu tubuh terasa gampang capek saja. Bangun tidur, tubuh bukannya terasa lebih segar tapi malah masih terasa sakit semua. Sekalipun kamu tidur cukup, tapi kalau kamu lagi banyak pikiran atau sedang stres dan depresi, maka tubuhmu pun akan gampang ambruk.

Jika kamu merasa kondisi tidak disebabkan oleh hal-hal yang sudah disebut di atas, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Kenapa? Karena bisa jadi kamu mengalami gangguan kesehatan tertentu atau ada penyakit yang bersarang di tubuhmu.

Jangan ragu untuk mencari dan meminta bantuan kalau kamu merasa ada sesuatu yang tak beres dengan tubuhmu, ya Ladies. Semoga info ini bermanfaat.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading