Sukses

Beauty

Suka Jalan-Jalan ke Hutan? Ini Akan Yang Terjadi Pada Otakmu

Otak adalah organ pusat dari hampir segala aktivitas di dalam tubuhmu, termasuk berperan dalam membuat hidupmu lebih bahagia. Tapi ada hal lain yang bisa membuat otakmu bereaksi agar kamu bisa merasa lebih bahagia, salah satunya adalah dengan jalan-jalan atau traveling ke alam.

Meluangkan waktu untuk jalan-jalan ke hutan dan menikmati segar dan indahnya lama memberi banyak pengaruh positif terhadap otak. Ini beberapa di antaranya.

    Melepas stres

    Sebuah penelitian menemukan, siswa-siswa yang menghabiskan waktu traveling ke hutan ternyata memiliki kadar stres lebih rendah dibanding teman-teman mereka yang hanya menghabiskan waktu di dalam rumah. Begitu pula dengan pekerja kantoran yang lebih sering memandang pepohonan ke luar jendela merasa lebih puas dengan pekerjaannya dibanding yang hanya nonton tv.

    Meningkatkan daya ingatan jangka pendek

    Otak mengatur ingatan jangka panjang dan jangka pendek, biasanya orang yang terlalu sering stres akan mudah lupa dengan hal-hal yang baru dilakukannya tau kehilangan ingatan jangka pendek. Penelitian di University of Michigan menunjukkan bahwa otrang yang jalan-jalan ke hutan atau alam bisa meningkatkan daya ingat, terutama ingatan jangka pendeknya.

    Menyegarkan dan meningkatkan energi secara mental

    Memandang ke atas langit selama 15 menit mampu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, begitu pula jalan-jalan ke hutan. Penelitain dari China mengatakan bahwa jalan-jalan di hutan mampu membuat hati seseorang lebih tenang dan bugar secara mental.

    Daya berpikir lebih tajam dan konsentrasi meningkat

    Sebuah penelitian menganjurkan partisipan untuk melakukan 20 menit jalan-jalan di hutan, hasilnya, lebih sering menghirup udara segar dari hutan dan menyegarkan pikiran di alam membuat otak lebih jernih berpikir sehingga pikiran lebih tajam, peka, intuitif dan fokus.

    Berpikiran positif

    Menikmati alam bukan hanya membuat pikiran tenang dan nafas menjadi lebih teratur, tapi juga membuat pikiran lebih positif. Penelitian yang dilakukan oleh David Suzuki menemukan bahwa partisipan yang jalan kaki 30 menit per hari di alam terbuka memiliki perasaan lebih bahagia dan puas terhadap kehidupan.

Jadi, mengapa masih saja berputar jalan-jalan di dalam mall? Ada baiknya jika kamu menenangkan diri sejenak ke hutan, menikmati indah dan luasnya alam, sambil belajar lebih bersyukur ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading