Sukses

Beauty

Membaca, Hobi Menyenangkan Bisa Meningkatkan Kinerja Otak

Membaca merupakan salah satu aktivitas yang sangat sederhana namun memiliki segudang manfaat yang luar biasa buat kesehatan fisik, kesehatan otak hingga kenyamanan perasaan. Dikutip dari laman prevention.com, membaca mampu membuat kinerja otak seseorang menjadi semakin baik dan mengesankan. Membaca juga mampu membuat seseorang menjadi lebih kreatif dan berpikiran lebih terbuka.

Menariknya lagi, membaca juga bisa menjadi salah satu terapi sekaligus hobi menyenangkan untuk membuat otak selalu fresh, terhindar dari stres dan meningkatkan konsentrasi. Para ahli mengungkapkan bahwa membaca buku atau sekedar membaca koran dan majalah akan membuat otak semakin sehat. Ini juga akan membuat perasaan menjadi semakin nyaman dan bahagia. Seseorang yang punya hobi membaca bahkan dikatakan akan lebih cerdas dibandingkan dengan mereka yang tak suka membaca.

Memang, bagi sebagian besar orang, membaca adalah suatu hal yang sangat membosankan. Tapi jangan salah, ketika kamu mulai terbiasa membaca dan memaknai apa yang kamu baca, ini akan membuat otak kamu semakin fresh. Kamu pun bisa menjadi sangat suka membaca dan rasanya hari-harimu belum lengkap tanpa membaca.

Mengenai buku bacaan yang bisa dibaca sehari-hari dan meningkatkan kinerja otak, buku tersebut bisa berupa novel, cerpen, komik atau buku tentang ilmu pengetahuan. Tapi, mengingat saat ini teknologi sudah semakin canggih, membaca juga bisa dilakukan dengan membuka halaman media online atau sebatas membaca berita yang di media sosial melalui gadget serta komputer.

Natalie Philips, seorang ahli neurobiology dari Stanford University mengungkapkan bahwa membaca adalah kegiatan yang sangat baik meningkatkan kinerja otak. Ia juga sangat baik dalam melatih otak untuk fokus, konsentrasi serta menyimpan jutaan kosa kata. Natalie juga mengungkapkan bahwa aktivitas membaca akan menurunkan risiko alzeimer, meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis serta mempertajam daya ingat.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di American Association of Neurology menemukan bahwa orang-orang yang suka membaca memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kehilangan kemampuan mengingat jika dibandingkan orang-orang yang benci aktivitas membaca. Orang-orang yang suka membaca juga dikatakan sangat kecil kemungkinan mengalami penurunan kemampuan berpikir.

So Ladies, karena membaca adalah suatu aktivitas yang sangat bermanfaat dan baik buat kesehatan otak, pastikan untuk mulai menyukai membaca sejak sekarang. Sementara untuk kamu yang memang telah hobi membaca, terus pertahankan hobi tersebut dan jangan pernah malas untuk terus membaca. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading