Sukses

Beauty

Si Ajaib yang Akan Selalu Membuat Kamu Merasa Bahagia

Saat senang, sedih, marah dan kecewa perasaan yang timbul tidak datang begitu saja. Perasaan negatif maupun positif tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, tapi juga oleh reaksi kimia. Ladies, saat kamu merasa bahagia ada zat penting yang mempengaruhinya. Perasaan emosi ini sangat dipengaruhi oleh reaksi kimia.

Berikut adalah 4 hormon yang mempengaruhi perasaan bahagia yang sedang kamu alami. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut:

    Oksitosin

    Hormon yang biasa disebut sebagai hormon cinta. Hormon ini akan berperan penting saat kamu merasa sedang jatuh cinta. Untuk meningkatkan hormon ini kamu dapat memulainya dengan mandi air hangat, menonton film, membaca buku favorite, dan mengobrol bersama pasangan. Dalam Because It Feels Good, Debby Herbenick, Ph.D bahkan menjelaskan bercinta dengan pasangan di pagi hari akan meningkatkan hormon olsitosin. Hari-harimu akan menjadi lebih ceria dan menyenangkan.

    Dopamin

    Hormon yang membantu kamu untuk motivasi melakukan hal yang kamu inginkan. Lakukan hal yang kamu inginkan dan usahakan untuk memenuhi targetnya akan membantu meningkatkan hormon dopamin. Makanan yang dapat meningkatkan dopamin antara lain alpukat, pisang, coklat. kopi dan telur. Untuk itulah mengapa saat stres disarankan untuk makan coklat.

    Serotonin

    Hormon yang dipercaya memberikan rasa nyaman dan senang. Meskipun demikian, jika kamu kelebihan hormon serotonin dapat menyebabkan kamu menjadi kurang fokus, dan mudah lelah. Untuk meningkatkan serotonin dalam tubuh kamu dapat mengonsumsi telur, keju, nanas dan salmon. Olahraga juga dapat membantu menyeimbangkan serotonin dalam tubuh.

    Endorfin

    Tidak hanya akan membuat kamu bahagia. Hormon ini juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Endorfin dalam kadar normal dalam tubuh akan menumbuhkan perasaan tenang dan senang. Untuk meningkatkan endorfin dalam tubuh, kamu dapat melakukan olahraga secara teratur. Dan yang menyenangkan lagi, jika menyukai makanan yang pedas. Makan cabe dapat membantu meningkatkan endorfin dalam tubuh.

Ladies, demikian 4 hormon penting yang dapat meningkatkan rasa bahagia dalam tubuh. Bagaimana, sekarang semakin mengerti bukan? Yuk, apakah kamu sudah bahagia hari ini.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading