Sukses

Beauty

Merasakan Gejala Aneh Ini, Tandanya Kamu Sedang Stres!

Gejala stres itu ternyata bermacam-macam. Tiap orang bisa merasakan gejala yang berbeda. Hanya saja yang sering jadi masalah adalah kita kerap mengabaikan gejala stres tersebut. Akibatnya stres yang makin menumpuk memberi pengaruh negatif pada tubuh dan mengganggu kesehatan.

Penting untuk memperhatikan gejala-gejala stres sejak dini. Agar bisa segera ditangani dan dampak negatifnya yang berbahaya bisa dicegah. Dilansir dari lifehack.org, berikut ini sejumlah gejala stres yang tak boleh diabaikan. Let's check it out!

(vem/nda)

Tubuh Gampang Capek

Tekanan mental yang tinggi bisa mempengaruhi kondisi fisik atau tubuh kita. Rasa lelah yang luar biasa bisa jadi gejala paling umum kalau sebenarnya kita sedang stres. Penelitian-penelitian yang dipublikasikan di Journal of Psychosomatic Research menunjukkan bahwa orang yang punya kebiasaan tidur yang buruk lebih susah berkonsentrasi dan gampang capek seharian dibandingkan orang yang punya kebiasaan tidur rutin.

Kombinasi jadwal tidur yang berantakan, pola makan buruk, dan banyak pikiran bisa membuat stres jadi makin parah. Tubuh pun jadi lebih gampang capek. Jadi, kalau kamu merasakan tubuhmu yang jadi gampang letih meski sudah mencoba mendapatkan istirahat yang cukup, kemungkinan besar kamu sedang dilanda stres.

Susah Tidur dan Nafsu Makan Berantakan

Susah tidur? Salah satu penyebabnya adalah karena banyak pikiran. Ketika banyak pikiran dan stres, kamu akan sulit sekali tidur. Atau bisa jadi kamu sering terbangun ketika sudah terlelap di malam hari.

Nafsu makan yang tak biasa juga jadi salah satu tanda kamu sedang mengalami stres. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychoneuroendocrinology menunjukkan bahwa wanita yang sedang stres cenderung mengonsumsi makanan manis lebih banyak. Saat stres, nafsu makan bisa berubah drastis, entah jadi tak nafsu makan sama sekali atau malah nafsu meningkat dan tak terkontrol.

Gampang Marah

Nah, ini nih salah satu gejala yang paling mudah diidentikkan dengan stres. Kalau kamu merasa jadi gampang marah atau sering uring-uringan tanpa sebab yang pasti, coba cek kondisimu apakah kamu sedang merasa tertekan dan stres.

Saat stres, pikiran jadi terasa keruh. Berbagai kecemasan dan kegelisahan mengganggu pikiranmu. Sehingga kamu jadi lebih sensitif dan gampang tersinggung. Emosi juga jadi meledak-ledak.

Kamu Bergerak Lebih Cepat dari Biasanya

Meski stres bisa bikin tubuh terasa lebih gampang capek, tapi gerakan tubuhmu jadi lebih cepat dan kadang nggak beraturan. Misalnya, caramu berjalan jadi lebih cepat dari biasanya padahal kamu juga tak sedang dikejar deadline atau harus memenuhi sebuah janji.

Salah satu gejala lain dari kondisi stres adalah kamu sering mengetuk-ngetuk jarimu di atas meja tanpa sebab yang jelas. Atau mengetuk-ngetukkan kaki tanpa alasan, menyobek kertas tanpa kejelasan, dan menggigiti bolpoin atau pensil. Saat anggota tubuhmu bergerak lebih cepat dan tak beraturan, itu jadi salah satu tanda kamu sedang stres.

Kamu Susah Berkonsentrasi

Gejala yang satu ini merupakan salah satu tanda jelas kamu sedang stres. Kamu susah fokus. Kemampuanmu berkonsentrasi melemah. Untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan ringan saja rasanya sulit sekali karena kamu tak bisa memusatkan perhatianmu.

Orang yang stres sering kehilangan kemampuannya untuk mengingat kembali informasi yang baru saja didengar atau dibacanya. Rasa cemas dan gelisah yang mereka rasa telah menguras semua kemampuan kognitif yang mereka miliki.

Jadi, apakah kamu menemukan gejala tersebut pada tubuh dan pikiranmu? Saat gejala-gejala tersebut kamu rasa, segera lakukan tindakan untuk mengatasinya, Ladies. Jangan sampai diabaikan dan dibiarkan begitu saja.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading