Sukses

Beauty

Jangan Diabaikan! Selain Ngantuk, Ini 5 Tanda Kamu Kurang Tidur

Masalah kurang tidur jangan diabaikan, Ladies. Kalau kebutuhan tidurmu tak tercukupi, dampaknya bisa sangat berbahaya. Sebut saja kasus kecelakaan yang terjadi karena pengemudinya ngantuk. Juga berbagai gangguan kesehatan yang muncul karena faktor kurang tidur.

Dilansir dari lifehack.org, tanda kurang tidur tak hanya mengantuk saja. Ada sejumlah tanda lain yang mengindikasikan bahwa sebenarnya kamu kurang tidur. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

    Berat Badan Naik

    Sejumlah penelitian telah menemukan adanya kaitan antara naiknya berat badan dan kurang tidur. Dalam sebuah penelitian, orang yang kurang tidur cenderung akan mengonsumsi 300 kalori lebih banyak per hari (yang bisa makin bertambah dari waktu ke waktu) dibandingkan orang yang telah mendapatkan cukup tidur malam harinya. Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat tubuh stres dengan kadar kortisol (hormon stres) yang meningkat dan memberi sinyal tubuh butuh lebih banyak lemak lagi.

    Susah Konsentrasi

    Kurang tidur bisa menurunkan kadar konsentrasi dan kemampuan berpikir. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa otak orang yang kurang tidur akan makin mengecil dan berkurang kepadatannya yang sangat mempengaruhi proses mental.

    Emosi Tak Stabil

    Kurang tidur bisa membuat seseorang jadi gampang tersinggung dan emosinya tak stabil. Kalau masalah kurang tidur ini dibiarkan terus menerus tanpa ditangani, maka bisa menyebabkan masalah yang lebih parah seperti depresi.

    Daya Ingat Menurun

    Kekurangan tidur bisa mempengaruhi kemampuan mengingat atau daya ingat. Kalau kita jadi makin sering lupa soal hal-hal kecil, misal lupa menaruh kunci, coba cek lagi apakah kamu sudah mendapat tidur yang cukup beberapa waktu terakhir ini. Penelitian membuktikan bahwa gelombang REM yang diperoleh seseorang ketika mendapat waktu tidur yang cukup itu bisa meningkatkan daya ingat dan fungsi mental lainnya.

    Kekebalan Tubuh Menurun

    Kalau kita kurang tidur, sistem tubuh tak akan bisa berfungsi sempurna, termasuk kekebalan tubuh. Kalau kamu kurang tidur, kamu rentan terkena penyakit dan mudah sekali jatuh sakit. Akibatnya kualitas hidup pun akan menurun dan beraktivitas akan terasa lebih sulit dari biasa.



Kebutuhan tidur seseorang bisa berbeda satu sama lain. Umumnya seseorang butuh waktu 7-8 jam untuk tidur setiap malamnya. Selain itu, akan lebih baik jika jadwal tidur dan bangun selalu teratur setiap harinya. Hindari mengonsumsi kafein, gula, dan makanan berat sebelum tidur. Juga jauhkan berbagai gadget dan perangkat elektronik dari tempat tidurmu.

Cukupi kebutuhan tidur setiap hari benar-benar akan sangat membantumu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhmu. Semoga info ini bermanfaat, Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading