Sukses

Beauty

Suka Mencuri Waktu Tidur? Awas, Bahaya Kesehatan Mengintaimu!

Semakin dewasa, tentunya kita punya kesibukan dan kegiatan yang bejibun setiap harinya. Mulai dari bekerja, mengurus rumah hingga bertemu dengan teman-teman. Kesibukan yang menggunung seringkali tak cukup ditebus dengan memejamkan mata sejenak. Rasanya pengen menghabiskan seharian di kasur ya?

Well, itu wajar kok, Ladies. Saya pun mengalaminya. Baru saja memejamkan mata, tiba-tiba alarm sudah berbunyi. Ouch! Untuk menebus rasa lelah, biasanya kita mencuri-curi waktu tidur di tempat kerja. 10-15 menit sudahlah cukup.

Jika selama ini banyak artikel menyarankan kita untuk melakukan power nap, alias tidur singkat namun berkualitas, ternyata kita tak boleh sembarangan melakukannya. Jadi, menurut penelitian yang dilakukan oleh The American College of Cardiology kepada 300.000 orang, tidur selama 40 menit dapat meningkatkan risiko pada masalah metabolisme tubuh, misalnya tekanan darah tinggi, kolesterol bahkan kegemukan!

Di sisi lain, mereka yang tidur lebih dari 90 menit atau lebih, punya risiko terkena diabetes tipe 2 lebih tinggi, yaitu 50 persen, seperti yang ditulis oleh brit.co. Semakin lama kita tidur, apalagi di siang hari, risiko kesehatan semakin besar.

Lalu, seberapa lama jam tidur singkat yang disarankan? Ternyata hanyalah 20 menit! Mereka yang tidur singkat selama kurang lebih 20 menit justru akan terhindar dari risiko penurunan metabolisme tubuh.

Pada dasarnya, jika kita mengikuti kebutuhan istirahat yang disarankan, yaitu kurang lebih 8 jam setiap harinya, kita tidak memerlukan lagi power nap kok. Pastikan dalam 8 jam waktu istirahatmu itu, kamu mendapatkan tidur yang berkualitas ya, Ladies.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading