Sukses

Parenting

Unik, Ini Yang Terjadi Dalam Otak Anak Ketika Mendengar Suara Ibu

Setiap orang mungkin tak akan menyadari apa yang terjadi dalam tubuhnya saat mendengar suara orangtuanya. Tapi apa yang terjadi dalam tubuhmu dalam mengenali seseorang ternyata sangat menakjubkan lho.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada reaksi menakjubkan yang terjadi dalam otak anak saat mereka mendengar suara ibunya. Anak-anak ternyata bisa mengenali suara ibunya kurang dari satu detik. Dan anak yang menunjukkan lebih banyak reaksi dalam otaknya saat mendengar suara ibunya juga lebih dekat secara sosial (kehidupan sehari-hari).

Dalam penelitian yang dilakukan di Stanford University dan diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of the Sciences tersebut menganalisis aktivitas otak 24 orang anak normal antara usia 7-12 tahun. Mereka diperdengarkan rekaman suara beberapa wanita yang bicara beberapa kata tak bermakna, dan salah satunya termasuk suara ibu mereka.

Beberapa kata yang tak bermakna ini seperti misalnya teebudishawlt, keebudishawlt, and peebudishawlt. Hasilnya, meski anak-anak tak pernah mendengar ibunya mengatakan kata-kata aneh itu, namun 97% anak-anak mampu mengenali secara akurat mana suara ibunya meski hanya mendengar kurang dari satu detik.

Para peneliti belum tahu pasti bagaimana bisa anak lebih cepat mengenali suara ibunya daripada suara-suara lainnya, yang mana memegang peran penting dalam membentuk kepribadian sosial dan emosional anak, namun hal ini cukup membuktikan bahwa ikatan antara anak dan ibunya memang bisa dibuktikan secara ilmiah.

Dalam tes MRI, suara ibu bukan hanya menstimulasi reaksi terhadap bagian auditori saja, namun juga bagian otak yang mengatur emosional, dan wajah. Uniknya, saat anak mendengar suara ibunya, mereka juga akan teringat wajah ibunya. Otak akan menvisualisasikan suara tersebut dengan wajah ibu, dari situlah anak bisa mencocokkan suara.

Semakin dekat anak dengan ibu, semakin baik respon otak anak. Wah, otak memang sangat menakjubkan ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading