Sukses

Beauty

Hindari Dehidrasi Kulit dan Jaga Agar Tetap Lembap

Memiliki kulit yang cantik merupakan impian wanita. Berbagai perawatan dilakukan demi meningkatkan kecantikan bagian tubuh yang satu ini.  Tidak jarang pula membuat Anda merogoh kocek yang cukup dalam. Sayangnya, hasil yang diperoleh ternyata masih kurang maksimal. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan kondisi tersebut?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit, salah satunya adalah kelembapan alami yang kurang terjaga dengan baik. Simak beberapa faktor yang mempengaruhi kondisinya di sini, Ladies!

Kondisi Cuaca

Suhu udara dan cuaca di lingkungan sekitar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hidrasi kulit. Negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia yang memiliki suhu udara panas dan matahari bersinar terik dapat menyebabkan dampak tertentu pada kesehatan kulit. Temperatur udara yang panas dan paparan sinar UV dapat menyebabkan tingkat hidrasi kulit yang rendah.

Dehidrasi Pada Kulit

Dehidrasi ternyata juga memberi dampak pada kondisi kulit. Secara umum, dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan yang menyebabkan kulit mengalami kondisi kering. Beberapa gejalanya antara lain kulit yang kasar, terasa gatal, kehilangan elastisitas, mengelupas hingga iritasi.

Sebenarnya, kulit memiliki serangkaian elemen penting yang disebut Natural Moisturizing Factor (NMF) atau pelembap alami kulit yang bertugas untuk menjaga kulit tetap sehat dengan menjaga kelembapannya dari dalam. Namun, gaya hidup sehari-hari yang kurang sehat, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai, dapat menyebabkan rusaknya NMF yang terkandung dalam kulit tersebut. Kondisi ini kemudian menyebabkan kurangnya cairan pada jaringan kulit dari lapisan epidermis.  

Dehidrasi merupakan salah satu masalah kulit yang cukup serius jika tidak segera ditangani dengan perawatan yang tepat. Skin treatment yang optimal tidak hanya diperoleh dari perawatan luar saja, tapi juga asupan dari dalam tubuh. Jadi, apa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi dehidrasi kulit? Pilihan termudah yang bisa dicoba adalah dengan menjaga NMF di lapisan kulit dengan memperbanyak konsumsi cairan elektrolit setiap harinya.

Konsumsi minuman yang mengandung elektrolit tidak hanya diperlukan saat beraktivitas saja, tapi juga sebelum tidur. Tubuh juga memerlukan cairan untuk menjaga kelembapannya saat beristirahat di malam hari.

Minuman elektrolit bermanfaat untuk mengunci cairan di dalam tubuh sehingga penyerapannya bisa dilakukan secara maksimal oleh kulit. Karena kandungan elektrolit itu sendiri juga terdapat pada NMF sehingga dapat membantu tubuh menghasilkan pelembap alami kulit dan menjaga kekenyalan kulit.

Jangan sampai dehidrasi menjadi masalah yang mengganggu kecantikan kulit Anda, Ladies. Saatnya jaga kesehatan kulit dengan memenuhi asupan cairan elektrolit di dalam tubuh!

(adv/wur)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading