Sukses

Beauty

Ingin Lebih Mudah Kendalikan Amarah? Ini Tips Sederhananya

Kamu termasuk orang yang gampang marah? Atau mudah emosi dan tersulut amarah? Ada tips yang bisa kamu coba untuk mengendalikan pribadimu yang gampang naik darah.

Apa kiatnya? Kiatnya ternyata mudah saja. Cukup gunakan tanganmu yang tak terlalu dominan untuk kegiatan sehari-hari. Maksudnya kalau kamu terbiasa pakai tangan kanan, cobalah untuk menggunakan tangan kiri. Atau kalau kamu tipe orang bertangan kidal, cobalah untuk lebih aktif menggunakan tangan kanan.

Kalau kamu terbiasa menggunakan tangan kanan, biasakanlah untuk memakai tangan kiri alias jadi kidal saat menggunakan mouse komputer, mengaduk gula teh atau kopi, membuka pintu dan ha-hal lain yang tidak membahayakan. Bagi yang kidal, gunakan tangan kanan. Lakukan latihan ini selama dua pekan, nanti kamu akan menyadari kalau kamu bakal lebih mudah mengendalikan amarahmu.

Dilansir dari dailymail.co.uk, menurut Dr Thomas Denson dari University of New South Wales, melatih pengendalian diri sama seperti melatih keterampilan main piano atau golf. Dalam penelitian yang dimuat di jurnal Current Directions in Psychological Science, orang yang mulai menggunakan tangan yang "keliru"  atau non-dominan, dalam dua pekan akan lebih mampu mengendalikan emosi. Menurut dia, menggunakan tangan non-dominan untuk mengendalikan mouse, mengaduk kopi, membuka pintu, bisa membuat orang lebih mudah melatih pengendalian diri.


"Orang yang agresif pastinya ingin mengendalikan diri, tapi mereka kurang mampu. Coba saja pasang monitor untuk melihat aktivitas otaknya lalu hina mereka, maka yang bagian otak mereka yang mengatur pengendalian diri justru lebih aktif dibandingkan orang yang tidak agresif." Dr Denson dan para koleganya mengutip kesimpulan para kriminolog dan sosiolog yang menyebut bahwa kasus kekerasan terjadi ketika ada kesempatan dan kurangnya kemampuan mengendalikan diri.

Thomas Denson juga memberi nasihat bahwa pada awalnya latihan menggunakan tangan non-dominan justru akan memancing emosi. Pastinya akan membuat kita uring-uringan karena tak nyaman. Tapi jika berlatih terus dalam jangka waktu lama, kita akan punya kemampuan untuk mengendalikan diri. Ini sama seperti latihan untuk semua hal, awalnya selalu sulit, namun selanjutnya akan semakin mudah.

So, apakah kamu siap untuk melakukan latihan ini untuk lebih mudah mengendalikan emosimu?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading