Sukses

Beauty

Bahaya, Merasa Kesepian Bisa Picu Serangan Jantung

Salah satu penyakit yang bisa dialami siapa saja dan termasuk yang paling mematikan adalah serangan jantung. Terkadang tak banyak orang tahu bahwa ada banyak penyebab serangan jantung, bukan hanya karena kolesterol, tekanan darah tinggi, dan berbagai gangguan fisik lainnya.

Salah satu yang bisa menjadi faktor serangan jantung ternyata adalah rasa kesepian. Tak percaya kan? Merasa kesepian adalah masalah mental dan emosional, bukan masalah yang dialami oleh fisik, namun ternyata ada hubungannya dengan potensi serangan jantung.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa apa yang kamu rasakan akan mempengaruhi jantungmu, terutama jika kamu merasa kesepian. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart itu menemukan bahwa orang-orang kesepian punya risiko lebih besar mengalami serangan jantung dan stroke, dibandingkan mereka yang punya hubungan sosial yang kuat.

Penelitian yang dikepalai Nicole Valtorta dari University of York di UK juga menganalisis data dari 23 penelitian lain yang melibatkan 181.000 orang-orang sehat. Dan dari analisis ini ditemukan bahwa kesepian, yaitu sebuah perasaan di mana orang tak bahagia dengan hubungan sosialnya, ternyata memiliki kecenderungan 29% lebih tinggi mengalami jantung koroner dan 32% lebih tinggi mengalami stroke.

Hal ini membuat 'rasa kesepian' menjadi salah satu faktor non-fisik yang bisa meningkatkan potensi penyakit jantung selain rasa cemas dan stres. Kesepian memiliki efek mengejutkan pada tubuh melalui 3 cara berbeda, ungkap Nicole Valtorta.

  1. Kesepian mempengaruhi perilaku seseorang dan gaya hidup orang tersebut. Orang kesepian cenderung tidak aktif secara fisik, tidak makan dengan sehat dan cenderung mengalami obesitas.
  2. Kesepian membuat orang rentan terserang penyakit. Orang yang kurang hormon kebahagiaan (endorfin, serotonin, dan dopamin) dalam tubuhnya akan lebih mudah sakit karena imun tubuhnya tidak kuat. 
  3. Kesepian memperburuk kesehatan mental. Secara otomatis kamu akan merasa stres, cemas, dan hal ini meningkatkan kecenderungan mengalami depresi.

Cara satu-satunya mengatasi kesepian tentu saja dengan lebih banyak bergaul, bersosialisasi dengan banyak orang, teman dan keluarga. Menjalin komunikasi dan interaksi dengan orang-orang di sekitar, melakukan kegiatan yang menyenangkan serta membangun hubungan sosial yang baik mampu menyingkirkan rasa kesepian, dan tentunya juga akan menurunkan risiko serangan jantung ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading