Sukses

Beauty

Liburan Sendirian Nggak Selalu karena Kesepian Tapi Agar Bahagia

Hidup cuma sekali. Sayang jika kita menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang ada. Salah satu hal wajib yang perlu kamu coba setidaknya sekali seumur hidup adalah liburan sendirian. Apalagi di era modern seperti sekarang, bepergian sendirian sudah menjadi hal yang lumrah dan sudah biasa bagi wanita.

Kemandirian dan percaya diri bisa melakukan perjalanan tanpa teman menjadi modal utamanya. Kini sedang tren solo traveler atau liburan sendiri tanpa ada seseorang yang menemani. Kalau tak ada orang atau teman yang bisa diajak liburan bersama, pergi sendiri juga tidak menjadi masalah. Selain itu, liburan sendirian juga tak melulu karena kita merasa kesepian. Banyak hal seru yang bisa diperoleh dengan berlibur sendiri.

Keseruan Liburan Sendirian Bisa Membuatmu Panjang Umur
Tahu nggak sering berlibur bisa membuatmu panjang umur? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Heart, Lung and Blood Institute di Bethesda menyebutkan bahwa wanita yang senang pergi rekreasi atau liburan setidaknya dua kali dalam setahun memiliki kemungkinan penyakit jantung lebih rendah dibandingkan mereka yang menghabiskan waktu di rumah. Hal ini terjadi berkaitan dengan hilangnya stres selama dan setelah rekreasi, sehingga peredaran darah lebih lancar dan sehat.

Liburan Bisa Bikin Langsing
Karena sendirian, kamu bebas menentukan destinasi apa saja yang mau kamu kunjungi. Kamu jadi bisa menikmati liburanmu dengan cara yang lebih menyenangkan. Dan hal ini bisa berdampak pada berat badanmu juga, lho.

Sebuah penelitian yang ditulis dalam Psychosomatic Medicine menyebutkan bahwa rekreasi dan liburan dapat menurunkan kadar kortisol (hormon penyebab stres). Semakin sering seseorang menikmati masa liburan, maka lingkar pinggangnya akan lebih kecil dan berat badan turun mudah turun dibandingkan mereka yang jarang berlibur atau rekreasi. Manfaat ini bisa didapat selama kamu bisa mengontrol asupan makanan kala liburan dan aktif bergerak.

Liburan Seorang Diri Bisa Membuatmu Bahagia dengan Caramu Sendiri
Setiap perjalanan bisa menghadirkan pengalaman baru. Dan melakukan perjalanan seorang diri akan membuatmu terdorong untuk menciptakan pengalamanmu sendiri. Kamu bisa menciptakan kebahagiaan dan keseruan dengan caramu sendiri.

“Every voyage is self-awaken.”
― Lailah Gifty Akita, Pearls of Wisdom: Great mind


Bahkan liburan bisa mengungkap sejumlah potensi diri yang selama ini terpendam. Misalnya saja kemampuanmu untuk mandiri dan berani mencoba hal-hal baru. Dari situ, kamu bisa jadi pribadi yang berbeda dan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sebagai orang yang baru pertama kali liburan sendirian mungkin kamu akan mengalami sedikit kebingungan berada di tempat baru. Di saat seperti tersebut, usahakan jangan langsung browsing internet untuk mencari informasi memecahkan kebingunganmu. Sebaliknya, tetap tenang dan mampirlah ke coffee shop dan nikmati suasana.

Liburan sendirian itu bisa mendatangkan kebahagiaan baru buatmu. Jangan takut merasa kesepian atau tersesat. Justru kamu bisa berkenalan dengan orang-orang baru dan mendapatkan pengalaman menakjubkan membaur di lingkungan yang baru.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading