Sukses

Beauty

Susah Ke Lain Hati, Ini Alasan Kamu Suka Aroma Parfum Tertentu

Dari banyaknya bau-bauan dan aroma wangi yang ada di sekitarmu, kamu pasti punya satu jenis aroma tertentu. Ketika kamu menemukan wangi tersebut pada sebotol parfum atau cologne, maka kamu tak ragu membeli dan menggunakannya ke mana pun kamu pergi.  Bahkan orang-orang di sekitarmu mungkin mengenal bau tersebut sebagai aroma khas dirimu karena kamu selalu memakai wangi parfum tersebut.

Dikutip dari news.health.com, Kerri Nau selaku Aromatherapy Associates Account Executive & Trainer mengatakan bahwa selain berdasarkan selera pribadi masing-masing individu, menyukai wangi tertentu sebenarnya berhubungan erat dengan apa yang kita 'butuhkan'. Menghirup aroma tertentu bisa menjadi terapi yang merangsang emosional dan ingatan seseorang.

Secara alami kita akan tertarik pada aroma tertentu yang membuat kita merasakan hal tertentu. Kerri Nau menjelaskan, ketika kamu menghirup sebuah aroma, wangi tersebut bukan hanya masuk ke rongga hidung, tapi juga dikirim ke Sistem Limbik otak, area di mana kamu akan merasakan emosi pada ingatan tertentu.

Dari sinilah otakmu merespon sebuah aroma secara berbeda dari orang lain. Kamu mungkin punya memori tertentu tentang bau tersebut. Seperti misalnya saya, saya suka mencium bau teh karena aroma ini mengingatkan saya akan rumah. Aneh mungkin, tapi itulah yang saya rasakan, dan karena itu juga saya merasa sangat nyaman ketika mencium aroma teh hangat.

Hal ini didukung dengan pernyataan Geza Schoen yang menyatakan bahwa bau tertentu ternyata juga bisa memberimu kesan familiar terhadap sesuatu, dan perasaan familiar ini memberimu rasa aman dan kenyamanan. Karena kamu merasa kenal, kamu jadi merasa akrab dengan aroma tersebut.

Begitu pula aroma parfum pasangan atau aroma hujan, pasti akan mengingatkanmu akan kenangan dan perasaan tertentu. Dan mencium bau itu lagi dan lagi membuatmu kembali ke masa ingatan tersebut. Jadi tak ada yang salah dengan menyukai wangi tertentu. Kamu pasti punya alasan mengapa kamu menyukai bau tersebut, dan tak semua orang harus tahu alasannya.

Itulah mengapa setiap orang mungkin punya aroma favorit yang bahkan ia sendiri sulit menjelaskan alasannya. Otak manusia memang rumit, dan terkadang sulit dijelaskan. Seperti halnya ketika kamu mendengarkan musik tertentu, wangi tersebut bisa membuatmu bernostalgia, mengingatkanmu lagi pada suatu hal, pengalaman dalam hidup. Widih, dalam juga ya.
 
Sama halnya dengan warna favorit, kamu juga akan menyukai satu wangi tertentu dan hal ini bukan hanya menunjukkan hal yang kamu sukai, namun juga menunjukkan seperti apakah sebenarnya dirimu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading