Sukses

Beauty

Secara Ilmiah, Ternyata Diam Punya Efek Mengagumkan Pada Otak

Banyak orang ingin bicara, mengungkapkan perasaanya dan lain sebagainya. Bahkan ada banyak orang yang suka menggosip dan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk biara dengan teman-temannya. Mengungkapkan perasaan dengan speak up itu memang penting, karena diam tak menyelesaikan masalah.

Orang tak akan tahu apa maumu dan bagaimana perasaanmu jika kamu hanya diam saja dan memendam perasaan hanya dengan diam justru bisa membuatmu sakit-sakitan. Tapi ternyata diam juga menyimpan manfaat mengagumkan untuk otak lho, jika kamu melakukannya dengan tepat. Ini manfaatnya.

    Regenerasi sel-sel otak

    Sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Brain, Structure and Function menganalisia respon otak tikus terhadap berbagai macam suara berbeda dan keheningan. Secara mengejutkan, tikus yang diberikan waktu 2 jam dalam keheningan ternyata mengembangkan sel-sel otak pada bagian hippocampus, yaitu bagian otak yang melingkupi ingatan, emosi dan cara belajar. Hal ini diduga berlaku sama pada manusia.

    Otak lebih fokus menganalisis dan memproses informasi

    Saat hening, tak ada suara yang mengganggu, otak jadi lebih cepat bekerja menyelesaikan tugas atau hal-hal yang berhubungan dengan konsentrasi tinggi seperti proses hitungan dan analisis. Sebuah penelitian di tahun 2001 menyatakan, bahkan ketika tidur, otak memproses informasi lebih baik dalam keadaan sepi dan hening.

    Melepas stres dan beban pikiran

    Setelah seharian berada di lingkungan yang ramai dan berisik, tidakkah kamu ingin mengistirahatkan telinga dan otakmu sejenak dalam sepi? Ini bisa jadi cara efektif menurunkan stres dan melepas beban. Cukup pergi ke balkon dan nikmati angin di atas sana tanpa ada suara apa pun.

    Meningkatkan kemampuan kognitif

    Efek suara bising (polusi suara) bisa membuat otak kesulitan melakukan tugasnya dalam mengembangkan kemampuan kognitif. Terlalu sering terpapar suara bising bisa mengacaukan motivasi belajar anak dan mengganggu kerja. Itulah mengapa lebih baik anak belajar dalam keadaan tenang karena lebih bisa mengembangkan kemampuan kognitif mereka.

Karena dunia sudah terlalu bising, riuh ramai saling bersuara, kini saatnya kamu ambil waktu sendiri, diam sejenak tanpa suara, dan kamu akan menyadari perbedaannya. Terkadang kamu hanya butuh diam sejenak untuk bisa menikmati hidup.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading