Sukses

Beauty

Tubuh Bugar Meski Tidur Sebentar, Ini Tipsnya!

Tak semua orang bisa mendapat jam tidur yang cukup. Dengan berbagai kesibukan dan aktivitas sehari-hari, jam tidur bisa sangat terbatas. Padahal tubuh harus selalu sehat dan bugar.

Mau tak mau kita harus lakukan trik khusus jika ingin tubuh tetap bugar meski hanya tidur sebentar. Dilansir newsmaxhealth.com, Jacob Teitelbaum, M.D, penulis buku From Fatigued to Fantastic! memberi saran agar kita bisa tidur nyenyak setiap hari. Kalau jam tidurmu terbatas, kamu perlu sedikit usaha lebih untuk bisa tetap mendapat tubuh sehat.

    Matikan Semua Gadget

    Non-aktifkan semua gadget yang kamu punya termasuk televisi, laptop, dan handphone. Untuk sementara waktu, batasi atau hentikan penggunaan gadget. Agar pikiranmu lebih rileks dan bisa lebih optimal tidur nyenyak.

    Dapatkan Cahaya Alami

    Ketika mata terbuka setelah tidur, biasanya tubuh masih malas bangun dan ingin kembali tidur. Agar tubuh memberi sinyal semangat, segera nyalakan lampu kamar atau buka jendela. Biarkan sinar matahari masuk ke kamar. Cahaya alami akan membuat otak mengirim sinyal agar kamu lekas bangun dan lebih bersemangat.

    Konsumsi Menu Sarapan Sehat

    Sarapan yang sehat dengan karbohidrat kompleks seperti sereal whole grain bisa memberi energi tanpa membuatmu mengantuk. Sebisa mungkin hindari jus buah dengan gula atau manis yang sangat terasa. Jika ingin konsumsi buah di pagi hari, pilih berries atau jus buah alami buatan sendiri tanpa gula atau pemanis tambahan.

    Cium Aroma Kopi atau Cokelat

    Ingin tubuh terasa lebih segar, minum kopi bisa jadi solusinya. Jika tidak suka minum kopi, hanya mencium aromanya saja bisa membuat tubuh lebih fresh dan bersemangat. Alternatif lainnya kamu juga bisa mencium aroma cokelat untuk memberi efek yang sama. Cokelat mengandung theobromine, bahan alami yang membuatmu lebih bersemangat.

    Minum Air atau Pijat Telinga

    Sering mengantuk di siang hari? Hal ini sering terjadi pada semua orang. Kalau tak bisa dan tak sempat tidur siang, lebih baik minum segelas air. Cara yang sangat mudah ini bisa membuatmu sedikit lebih segar. Kamu juga bisa melakukan pemijatan pada telinga untuk memberi stimulasi energi ekstra.

    Tidur di Tempat yang Benar-Benar Senyap

    Kondisikan tempat tidur atau kamar tidurmu. Sebisa mungkin buat ruangan benar-benar senyap dan sunyi. Jadi saat kamu tidur, kamu bisa lebih nyenyak dan tak mudah terganggu oleh hal-hal lain.

Kondisi tubuh tiap orang bisa berbeda-beda. Tidur yang cukup memang sangat penting untuk kesehatan. Tapi kalau kesibukan dan aktivitas membuat jam tidurmu terbatas, kamu bisa coba imbangi dengan mengatur pola hidup seperti lebih rutin olahraga dan konsumsi makanan sehat setiap harinya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading