Sukses

Beauty

Kamu Benci Suara Berisik Orang Mengunyah? Itu Tandanya Kamu...

Apakah kamu tipe orang yang benci atau gampang terganggu dengan suara orang mengunyah atau mengecap makanan? Saat sedang melakukan sesuatu, tiba-tiba orang di dekatmu makan dengan suara yang berisik. Bahkan suara orang mengunyah permen karet saja sudah sangat mengganggumu.

Nggak perlu panik kalau kamu tipe orang yang benci dengan suara berisik orang mengunyah. Bisa jadi kamu termasuk salah satu orang yang mengidap misophonia. Misophonia merupakan penyakit kelainan saraf, dimana penderita membenci suara orang sedang makan atau suara orang bernapas. Dilansir dari lifehack.org, ada sekitar 20 persen penduduk dunia yang mengidap misophonia. Tapi hal ini bukanlah hal yang benar-benar buruk.

Para peneliti dari Norhtwestern University menemukan bahwa orang-orang yang sangat sensitif dengan suara-suara tertentu cenderung lebih kreatif dibandingkan orang-orang yang tingkat sensitivitas suaranya lebih rendah. Dengan kata lain, kalau kamu sering merasa jengkel atau benci dengan suara orang mengunyah di dekatmu, bisa jadi kamu adalah orang jenius dan kreatif.


Para peneliti tersebut mensurvei 100 partisipan yang diminta untuk menuliskan sebanyak mungkin jawaban terhadap skenario khusus dalam waktu terbatas. Respon partisipan terhadap sejumlah suara juga dimonitor. Para peserta juga diminta untuk menyelesaikan Creative Achievement Questionnaire sebelum membuat kesimpulan.

Menurut penulis penelitian tersebut, jawaban para partisipan menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara jawaban dan pencapaian paling kreatif dengan orang-orang yang sangat sensitif dengan suara. Dengan kata lain, semakin besar seseorang merasa terganggu dengan suara yang didengarnya, skornya pada ujian yang mengukur kreativitas makin tinggi.

Orang-orang kreatif seperti Charles Darwin, Anton Chekov, dan novelis Marcel Proust pun dikenal sebagai orang yang benci dengan suara-suara berisik. Proust bahkan harus menutup kamar tidurnya dengan gabus agar tak ada suara yang masuk ke dalam kamarnya saat bekerja.

Bahkan Franz Kafka, salah satu novelis paling berpengaruh abad 20 mengatakan kalau ia butuh ketenangan dan kesenyapan saat menulis. "Aku butuh kesenyapan saat menulis, bukan seperti pertapa, tapi lebih dari itu, seperti orang mati," katanya.

So, kalau kamu benci dengan suara orang mengunyah, ada kemungkinan kamu tipe orang yang kreatif, Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading