Sukses

Beauty

Seberapa Lama kamu sebaiknya tidur siang, Menurut Penelitian Ilmiah

Setiap orang butuh tidur, apalagi jika kamu sedang lelah, kurang istirahat atau saat bosan. Bukan hanya tidur pada malam hari saja yang kamu butuhkan, banyak orang juga membutuhkan tidur siang untuk mengembalikan semangat kerja atau produktivitas dan konsentrasi saat melakukan berbagai hal.

Tapi berapa lama biasanya tidur siang yang baik? Jika pada malam hari kamu dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam, tidur siang juga memilki rentang waktu tertentu yang dianggap baik menurut penelitian ilmiah. Seperti dikutip dari iflscience.com, waktu tidur siang yang baik adalah sekitar 30 menit saja.

Dalam siklus tidur ada 4 stage di mana kamu akan mengalami rasa tidak sadar hingga tidur bermimpi (deep sleep REM), yang sering kamu alami ketika malam hari. Sedangkan untuk tidur siang,  karena waktunya singkat, kamu hanya akan memasuki Stage 1 dan Stage 2 yang disebut tidur ringan (1--30 menit).


Sumber: Youtube/AsapSCIENCE

Dalam stage 2 lah otak akan memproses informasi yang masuk dan me-rileks-kan diri serta mengeluarkan hormon yang akan membuat kamu lebih fresh. Tidur dalam waktu 10-30 menit ini sangat bermanfaat meningkatkan produktivitas, kemampuan kognitif otak, membangun memori dan kreativitas, serta yang paling penting, menghilangkan kantuk dan capek.

Kebanyakan orang akan mengandalkan makanan, dan berbagai minuman berkafein untuk menekan kantuk. Tapi minum kopi, energy drink dan lain sebagainya tidak akan membantu banyak menghilangkan kantuk karena yang kamu butuhkan sebenarnya adalah tidur. tidak butuh waktu lama, 30 menit adalah durasi optimal yang kamu perlukan untuk bisa mengembalikan kinerja otak.

Jadi, tidur siang bukan hanya dibutuhkan anak-anak saja, tidur siang memegang peranan penting dalam menjaga produktivitas dan fokus orang dewasa saat melakukan pekerjaan. jadi, jika sempat, luangkan waktu paling tidak 30 menit untuk tidur siang ya jika kamu sudah sangat ngantuk dan tidak bisa fokus bekerja, daripada hasil kerjaan buruk.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading