Sukses

Beauty

Sering Merasa Galau dan Sedih? Tinggalkan Facebook Secepatnya!

Media sosial saat ini bukan hanya menjadi penghubung manusia yang satu dengan yang lain, tapi juga sudah menjadi bagian dari keseharian kita ya, Ladies. Coba bayangkan, bisakah kamu menghabiskan satu hari saja tanpa membuka akun Facebookmu sama sekali? Sulit ya?

Kesulitan yang dirasakan banyak orang itu memancing sejumlah peneliti untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan media sosial, khususnya Facebook, seperti yang dilansir oleh Mindbodygreen.com. Para peneliti dari Happiness Research Institute di Denmark bekerja sama dengan 1.095 pengguna Facebook dengan kisaran usia 16 tahun. 76,94% dari partisipan itu mengaku bahwa Facebook sudah menjadi bagian dari keseharian mereka.

Partisipan itu kemudian dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diizinkan mengunjungi Facebook seperti biasa, sedangkan kelompok yang lain tidak diperbolehkan. Dalam waktu satu minggu, 88% dari kelompok yang dilarang membuka Facebook mengaku merasa lebih bahagia, jika dibandingkan dengan 81% dari kelompok yang masih membuka Facebook. 

Kelompok yang tidak menggunakan Facebook juga dinilai merasa lebih antusias, tidak kesepian, tidak khawatir, serta lebih tegas dalam memutuskan sesuatu. Bukan hanya itu, mereka juga merasa lebih mudah untuk berkonsentrasi. Tidak berinteraksi dengan Facebook membuat para partisipan dari kelompok tersebut bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarganya.

Hasil penemuan ini dianggap ada hubungannya dengan FOMO (fears of missing out), atau kekhawatiran yang dirasakan seseorang, karena takut ketinggalan berita, kabar, dan hal-hal lain yang sedang trending. Selama ini, media sosial memang lebih banyak memuat berbagai momen penting dalam kehidupan seseorang, seperti ulang tahun, liburan, pernikahan, dan sebagainya.

Satu yang harus diingat, penemuan ini memang menemukan hubungan antara kebahagiaan dan penggunaan Facebook. Namun bukan berarti keduanya selalu berkaitan, Ladies. Untuk mengetahui kebenarannya, kamu bisa banget mencobanya sendiri. Misalnya satu hari saja, tutup semua akun media sosial kamu, dan ganti dengan melakukan aktivitas lain yang bisa membuat kamu melupakannya. Setelah itu, rasakan perbedaannya, dan jangan lupa ceritakan pada kami ya.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading