Sukses

Beauty

Sering Dilanda Kecemasan Mendadak, Tenangkan Diri Dengan Cara Ini...

Hormon memainkan peranan penting bagi kesehatan wanita. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan hormon dalam diri kita, Ladies. Sebab, jika keseimbangan hormon dalam tubuh kita terganggu maka tidak hanya fungsi fisik saja yang terganggu, fungsi mental pun akan terganggu.

Salah satu tanda jika keseimbangan hormon dalam tubuh kita terganggu adalah munculnya rasa cemas secara tiba-tiba. Kecemasan yang datang mendadak ini biasanya diawali dengan jantung yang berdebar dan keringat dingin yang muncul tiba-tiba. Kecemasan tiba-tiba ini umumnya disebabkan oleh rendahnya hormon melatonin dalam tubuh kita.

Nah, jika Anda merasa cemas mendadak dalam waktu-waktu tertentu, tips berikut ini layak untuk Anda coba.

    Mengonsumsi Teh Herbal

    Dilansir dari laman www.healthywomen.org  akar valerian dan passionflower adalah dua dari beberapa jenis tanaman herbal yang dipercaya dapat menurunkan kecemasan pada tingkat  tertentu. Umumnya, tanaman herbal ini dikonsumsi dengan cara diseduh seperti teh,  kemudian diminum. Jika Anda merasa cemas mendadak, tidak ada salahnya mencoba teh akar valerian atau passionflower ini.

    Mengonsumsi Insitol (Vitamin B8)

    Penelitian menunjukkan bahwa pengonsumsian 12 sampai 18 gram insitol per hari dapat membantu meningkatkan kadar hormon seratonin dalam tubuh, serta dapat meminimalisir frekuensi serangan panik pada waktu-waktu tertentu.

    Menulis Jurnal

    Dilanda rasa cemas mendadak pada malam hari? Menuliskan kekhawatiran dan solusi yang dapat Anda pikirkan adalah salah satu cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan itu. Dengan menuliskan apa yang ada dalam pikiran, Anda akan merasa lebih tenang dan lebih mudah tertidur.

    Melakukan Relaksasi

    Berbagai teknik relaksasi seperti meditasi, relaksasi otot progresif serta latihan pernafasan terbukti efektif dalam mengurangi tingkat stress dalam diri serta menurunkan frekuensi serangan panik secara tiba-tiba. Jika Anda sedang berpikir untuk mengikuti kelas yoga, sekaranglah saatnya untuk memulai!

    Olahraga

    Selain menyehatkan badan, olahraga juga terbukti ampuh untuk menyehatkan pikiran kita lho! Jika Anda sering dilanda kecemasan mendadak, mungkin sekaranglah saat yang tepat untuk mulai rutin berolahraga.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi serangan rasa cemas secara tiba-tiba. Jika dengan melakukan tips tersebut kecemasan Anda belum berkurang, mungkin Anda perlu meminta bantuan dokter/psikiatris untuk mengatasinya. Sebab, serangan rasa cemas secara tiba-tiba yang berlebihan bisa jadi merupakan indikasi bahwa Anda sedang mengidap Anxiety Disorder. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading