Sukses

Beauty

Fakta Penelitian, Mendengar Lagu Sedih Bisa Bikin Bahagia

Tiap orang pernah merasa sedih. Seringkali kita bete dan merasa bad mood menghadapi rutinitas. Stres dan depresi kerap kita alami. Dan tiap orang punya caranya sendiri untuk bisa kembali happy dan ceria.

Ada yang memilih olahraga untuk bisa kembali bahagia. Ada yang suka shopping untuk menghilangkan rasa sedih. Ada juga yang lebih suka makan supaya bisa mengusir bad mood. Tapi tahu nggak, mendengarkan musik sedih ternyata juga bisa bikin bahagia, lho.

Sebelumnya, kamu pasti setuju deh kalau musik punya kekuatannya sendiri untuk mengubah dan memperbaiki suasana hati seseorang. Bahkan pilihan musik tiap individu itu bisa sangat pribadi dan berbeda satu sama lain. Sampai-sampai ada yang melatari musik atau lagu favoritnya berdasarkan kisah dan pengalaman pribadi.

Dari semua jenis dan aliran musik, lagu sedih bisa membuatmu bahagia. Dilansir dari laman elitedaily.com,lagu sedih baik untuk jiwa kita. Menurut Anthony Domanico untuk Cnet, lagu sedih bisa memberi efek yang besar pada suasana hati (mood) pendengarnya. Berdasarkan penelitian terbaru dari peneliti di Free University of Berlin, lagu sedih bisa membangkitkan jiwa dan secara umum bisa memberi efek positif pada sisi emosi kita.

Hal ini tak terlepas dengan efek nostalgia yang dimunculkan lagu sedih. Lagu sedih bisa membuat kita merasakan nostalgia akan saat-saat dan tempat-tempat bahagia di hidup kita.

Di laman psychologytoday.com,Krystine Batcho, Ph.D., profesor di Le Moyne College menjelaskan bagaimana efek nostalgia bisa membangkitkan jiwa. "Dengan memicu kenangan, nostalgia bisa jadi pengingat tentang tentang siapa kita dulu, bagaimana kita bisa mengatasi masalah-masalah yang ada, dan posisi kita dalam hubungan kita dengan orang lain," jelas Krystine.

Nada-nada melankolis ternyata bisa membuat kita merasa tidak terlalu kesepian lagi. Kenapa? Karena kita jadi kembali diingatkan tentang memori indah bersama orang-orang tercinta dulu.

Kuncinya ada pada lirik lagu sedih tersebut. "Dengan memperhatikan lirik lagu sedih, pendengar bisa berempati dengan sang vokalis dan menyadari bahwa ada orang lain yang pernah merasakan pedihnya penolakan, kehilangan, cinta bertepuk sebelah tangan, kegagalan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan lagu sedih," tulis Krystine.

Lagu sedih bisa membuat kita menenangkan diri sendiri. Secara umum memang saat kita sedang terpuruk, mendengar suara orang lain akan membuat kita merasa sedikit baikan.

Saat sedih, kadang kita merasa hilang arah. Dan dengan mendengarkan lagu sedih, kita bisa kembali terhubung dengan dunia luar dan tak merasa sendiri lagi. Bahkan kita akan merasa berempati dengan orang-orang lain yang mungkin pernah merasakan kesedihan yang kita rasakan saat ini.

Jadi, apakah kamu mau mencoba mendengarkan lagu sedih untuk bisa kembali bahagia? Yang terpenting pilihlah lagu yang tepat. Pilih lagu yang benar-benar bisa kamu hayati dan pahami, sehingga nantinya kamu akan merasa lebih baik dan kembali ceria.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading