Sukses

Beauty

Kamu Cengeng? Inilah Alasan Kenapa Sebagian Orang Gampang Menangis

Menangis bukanlah aktivitas yang jarang terjadi pada beberapa orang. Nonton drama, baca novel, nonton video binatang yang mengharukan, atau mendengar curhatan teman yang patah hati adalah sebagian kecil dari sekian banyak hal-hal yang bisa membuatmu menangis. Belum lagi perasaan campur aduk yang terjadi pada dirimu sendiri. Pernahkah kamu berpikir mengapa kamu cenderung lebih emosional dibanding teman-temanmu? Jika pernah, News.health.com punya jawabannya.

Hal ini tentunya menjadi pertanyaan banyak orang, Ladies, bukan hanya kita. Meski para peneliti belum tahu pasti apa penyebabnya, namun beberapa penelitian menunjukkan hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Selain karena alasan gender (wanita cenderung lebih mudah menangis dibanding pria), trauma di masa lalu juga bisa menjadi pemicunya. 

Jika kamu baru-baru ini saja merasakan lebih emosional dan lebih mudah berurai air mata dibanding beberapa waktu yang lalu, makan penyebabnya lebih mudah ditebak.  Fluktuasi hormonal yang terjadi menjelang masa menopause, PMS, atau efek dari konsumsi pil KB bisa membuat emosi kamu lebih mudah naik turun. Selain itu kurang tidur dan stres juga dapat memicu reaksi emosi, Ladies. Jika memang ini yang terjadi, coba deh perbanyak kegiatan yang bisa memberikan efek relaksasi, seperti yoga atau meditasi.

Sama sekali tidak ada yang salah dengan kondisi mudah menangis. Bahkan beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa menangis dapat membantu melepaskan stres dan meningkatkan mood. Namun jika kebiasaan ini mulai mengganggu atau sulit dikendalikan, mungkin ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter, karena bisa saja itu tanda dari depresi. 

Jadi begitu, Ladies, selama penyebabnya masih logis dan masih dalam batas wajar, nggak ada yang perlu dipermasalahkan dengan tangisan bombaymu itu.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading