Sukses

Beauty

Inilah 5 Tanda-Tanda Seseorang Perfeksionis, Anda kah Salah Satunya?

Jika dilakukan sebuah survey dalam setiap perusahaan tentang kepribadian apa yang paling tidak disukai dari seorang rekan kerja, jawaban teratas yang mungkin akan muncul adalah perfeksionis. Dalam laman stress.about.com, kepribadian seorang perfeksionis memang kadang dianggap sangat menyebalkan di mata orang lain. Hal ini disebabkan seorang perfeksionis selalu menuntut kesempurnaan dalam setiap hal (dan kadang hal tersebut mustahil).

Salah satu ciri dari seorang perfeksionis adalah bahwa ia selalu berusaha untuk melakukan segala sesuatu dengan baik, sampai pada detail terkecil. Selain itu, ada beberapa sifat yang menjadi tanda bahwa seseorang memiliki kepribadian yang perfeksionis. Yuk cek, apakah Anda salah satunya?

    Sangat Kompetitif

    Selalu memiliki dorongan untuk mengungguli orang lain. Singkatnya, seorang perfeksionis  selalu ingin keluar sebagai pemenang atau yang terbaik dalam segala hal. Sifat semacam ini memang manusiawi, namun perlu diingat bahwa seseorang tidak mungkin selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal.

    Terlalu Fokus Pada Penilaian dan Hasil Akhir

    Selalu meletakkan seratus persen konsentrasi pada pekerjaan, pada akhirnya membuat seorang perfeksionis selalu menyalahkan diri sendiri karena hasil yang kurang maksimal. Dia juga selalu berpikir bahwa dia bisa melakukannya lebih baik lagi.

    Terobsesi Pada Kesalahan dan Kegagalan

    Tidak pernah puas dengan pekerjaan yang dia  lakukan adalah sifat seorang perfeksionis. Setelah menyelesaikan suatu pekerjaan, baik itu yang sederhana atau pun rumit, dia cenderung tetap mengomel tentang kesalahan dan kegagalan yang Anda buat. Ini jelas bukan perilaku yang sehat dan pastinya akan sangat terlihat menyebalkan di mata rekan kerja mereka.

    Mudah Stress

    Membuat kesalahan itu manusiawi, namun seorang perfeksionis ingin segalanya terlihat sempurna. Sehingga, kesalahan kecil pun bisa membuat dia kehilangan kendali dan merasa stress dan frustrasi.

    Gigih

    Seorang perfeksionis sangat gigih dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dia akan selalu fokus sampai akhir. Sampai dia berhasil meraih sesuatu yang diinginkannya. Dari ke-5 ciri sifat seorang perfeksionis, gigih ini adalah salah satu sikap terbaik yang dimiliki oleh seorang perfeksionis. Setelah berhasil menyelesaikan pekerjaannya, seorang perfeksionis akan berusaha untuk memeriksa pekerjaannya secara berulang-ulang, karena dia tidak ingin membuat kesalahan sama sekali.

Nah, itulah beberapa sifat dari seorang berkepribadian perfeksionis. Jika Anda memiliki setidaknya 3 dari ciri-ciri di atas, bisa dipastikan bahwa Anda adalah seorang perfeksionis. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir akan dijauhi rekan kerja Anda karena kepribadian Anda ini.

In fact, Ladies, memiliki kepribadian yang perfeksionis, tidak selalu buruk kok-asal, Anda tetap bisa menjalani kehidupan yang seimbang. Karena bagaimanapun, tidak ada yang benar-benar sempurna di dunia ini.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading