Sukses

Beauty

Berat Badan Naik-Turun Saat Stress? Ini Penyebabnya

Perasaan, pikiran, dan kesehatan adalah tiga aspek dalam tubuh Anda yang sangat berkaitan erat. Apa yang Anda pikirkan, mempengaruhi apa yang Anda rasakan yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan Anda. Sementara apa yang Anda rasakan, akan mempengaruhi pola pikir yang juga akan berpengaruh pada kesehatan Anda.

Karena keterkaitan antara ketiga hal inilah, jika salah satunya bermasalah, maka dua yang lain juga akan merasakan dampaknya. Sebagai contoh adalah stress. Saat Anda stress, perasaan Anda akan awut-awutan. Sebagai akibatnya, kesehatan Anda juga akan terganggu.Dampak kesehatan yang paling kentara saat Anda stress adalah berat badan yang tidak stabil; kadang naik, kadang turun. Berat badan yang tidak stabil saat stress ini dikarenakan beberapa hal. Apa saja? Cek ulasan berikut, yuk..

    Pengaruh Hormon

    Seperti dilansir dalam laman www.psychologytoday.com, saat otak kita mendeteksi adanya ancaman berupa rasa khawatir atau cemas, otak dan tubuh Anda akan bekerja sama untuk mengatasi ancaman tersebut dengan membuat Anda lebih "alert". Ketika Anda menjadi  lebih "alert", kortisol, atau yang biasa dikenal dengan hormon stress akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk mencukupi persediaan makanan dalam tubuh. Oleh sebab itu, saat stress kita menjadi lebih mudah lapar dan nafsu makan menjadi tidak terkontrol. Akibatnya, kita akan lebih mudah menaikkan berat badan.

    Mood-swings

    Saat Anda mengalami stress, Anda akan mengalami perubahan mood yang cepat. Saat mood benar-benar down, kita akan menjadi tidak bersemangat dalam segala hal. Termasuk untuk makan. Alhasil, berat badan pun akan mudah sekali drop.

    Kurang Tidur

    Karena tidak bisa tidur, kita akan cenderung melakukan hal lain yang bisa meng-comfort kita. Sayangnya, kita biasanya melampiaskan kenyamanan yang hilang ini dengan makan. Akibatnya, berat badan akan mudah sekali naik. Hal ini akan diperparah ketika apa yang kita makan merupakan makanan-makanan sampah yang banyak mengandung natrium. Selain tidak sehat, makanan-makanan ini juga cepat sekali membuat kita menjadi gemuk.

    Kecanduan Kafein

    Kecanduan kafein membuat kita menjadi lebih susah untuk tidur. Dan susah tidur membuat kita melampiaskannya ke makanan. Alhasil, kita akan menjadi lebih mudah gemuk. Selain itu, kecanduan kafein ini juga membuat gula darah dalam tubuh meningkat serta mempengaruhi hormon dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa penyebab berat badan tidak stabil selama stress. Setelah mengetahui penyebabnya, semoga kita bisa lebih "alert" agar berat badan tidak turun atau terlalu drastis. Yang paling penting, fokuskan diri untuk mengatasi stress yang melanda dan menerapkan selalu pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading