Sukses

Beauty

Sering Merasa Lelah? Bisa Jadi Karena Benda-Benda Yang Ada di Rumah

Mengantuk dan lelah itu biasanya sudah satu paket. Komplit! Meski Anda sering merasa lelah saat di kantor, tapi bisa saja lho penyebabnya berasal dari benda-benda yang ada di rumah, seperti yang dilansir oleh goodhousekeeping.com. Nah, agar tidak merasa lelah terus-terusan, tahu dulu yuk barang-barang apa saja yang bisa membuat Anda merasa lelah.

    Kekacauan di Rumah

    Lebih memilih untuk beristirahat ketimbang membersihkan rumah justru membuat Anda merasa lelah lho. Kok bisa? Suatu penelitian dari Princeton University Neuroscience Institute menunjukkan bahwa kekacauan dan lingkungan yang tidak teratur dapat menghabiskan lebih banyak energi mental untuk stres, yang bisa meningkatkan rasa lelah.

    Dinding Biru

    Penelitian yang dilakukan oleh Travelodge menemukan bahwa dinding berwarna biru bisa membantu menurunkan detak jantung, mengurangi tekanan darah, dan membuat Anda merasa mengantuk. Warna biru bagus jika digunakan untuk dinding kamar, namun tidak untuk dinding ruangan lain.

    TV dan Tablet

    Keduanya memancarkan gelombang biru yang mampu menekan produksi melatonin (senyawa kimia yang membuat Anda merasa lelah dan mengantuk) dari otak, sehingga Anda akan sulit tidur. Sulit tidur akan membuat Anda kurang tidur dan menjadi lelah pada keesokan harinya.

    Junk Food

    Makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula seringkali akan menimbulkan lonjakan gula darah yang tajam, lalu turun secara drastis pula, yang membuat Anda merasa sering lelah.

    Ponsel

    Selain karena ponsel memiliki kekuatan yang bisa membuat ketagihan, penelitian dari National Sleep Foundation juga menunjukkan bahwa 20% dari orang yang berusia 19-29 tahun sering terbangun karena ponsel. Telepon, SMS, atau notifikasi lain akan membuat Anda bangun di malam hari, sehingga jam tidur berkurang dan tidur pun tidak berkualitas. Keesokan harinya, pasti Anda merasa lelah.

    Tirai

    Tahukah Anda, ternyata berdasarkan suatu penelitian, orang yang sering mendapatkan pencahayaan alami tidurnya akan rata-rata 46 menit lebih panjang dibanding yang tidak. Jadi jika tirai di rumah atau di kantor terlalu gelap sehingga Anda kurang mendapatkan cahaya alami, tidur pun menjadi kurang berkualitas.

Oh, jadi itu toh penyebabnya. Karena sekarang sudah tahu penyebabnya, jadi sudah tidak ada alasan untuk merasa lelah berlebihan, bukan, Ladies?

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading