Sukses

Beauty

Sering Merasa Sibuk dan Susah Menikmati Hidup? Strategi Ini Harus Kamu Coba

Selalu bekerja melawan waktu memang akan membuat kita merasa kelelahan. Oleh sebab itu, banyak orang yang merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kesibukan dan gaya hidup mereka. Antara pekerjaan, tugas-tugas sekolah, keluarga, dan seabrek tanggungjawab lainnya yang harus diselesaikan kadang membuat kita ngap dan kesulitan mengatur waktu. Kamu mungkin berpikir tidak ada cara untuk mengatasi jadwal yang super padat, tapi ada beberapa strategi simpel yang bisa kamu gunakan untuk sedikit melonggarkan kesibukan yang kamu miliki. Check them out!

    Sibuk Itu Pilihan

    Sama hal nya dengan persoalan hidup lainnya, kesibukan juga merupakan pilihan yang kita buat sendiri. Kamu adalah orang yang paling tahu kapasitasmu, tapi jika kamu sendiri memutuskan untuk melakukan lebih dari kapasitas yang bisa kamu lakukan, jangan mengeluh jika kamu kesulitan mengelola setiap waktu yang kamu miliki. Sebagai contoh, jika kamu tahu kamu memiliki jadwal kuliah yang padat dari Senin sampai Jumat, tapi nyatanya kamu masih mengambil beberapa aktivitas tambahan di akhir pekan, really! Busy is your choice! Jika kamu ingin sedikit terbebas dari segala kesibukanmu dan menikmati hidup, coba lihat lagi dalam jadwalmu, adakah aktivitas yang bisa kamu korbankan? Jika kamu kesulitan melakukan hal ini, cobalah untuk menyusun skala prioritasmu sekarang juga!

    Buat Rencana

    Perencanaan yang matang akan membuat hari-harimu sedikit lebih ringan. Sebab, kamu tahu dengan pasti apa yang harus kamu lakukan setiap harinya. Jika kamu memilih menjalani hari tanpa rencana yang matang, kamu bisa saja melewatkan tugas-tugas penting yang seharusnya kamu selesaikan hari itu dan berakhir tidak mengerjakan apapun. Pada akhirnya, pekerjaan-pekerjaan penting itu akan terus menumpuk dan akan terlalu terlambat untuk menyesali waktumu yang terbuang begitu saja.

    Belajarlah untuk Bilang "Tidak"

    Membantu teman yang membutuhkan bantuanmu memang merupakan hal baik yang tidak boleh kamu tinggalkan, tapi kamu harus benar-benar mengetahui kapasitasmu. Jika kamu merasa sudah cukup direpotkan dengan pekerjaanmu sendiri, belajarlah untuk berkata tidak pada temanmu. Temanmu pasti akan mengerti kok, kalau kamu juga memiliki kesibukan dan prioritas yang harus kamu selesaikan.

    Buatlah Hidupmu Lebih Simpel

    Seperti dilansir dalam laman allwomenstalk.com, kamu dan kesibukan yang kamu miliki mungkin adalah hasil dari gaya hidup yang kamu miliki. Misalnya, kamu terbiasa hang out dan belanja di tempat-tempat mahal. Dengan pengeluaran yang banyak, maka kamu tidak memiliki pilihan lain kecuali harus bekerja keras untuk menutupi segala kebutuhan dari gaya hidup yang kamu miliki. Jika kamu ingin sedikit terbebas dari segala kesibukan ini, cobalah untuk membuat hidupmu menjadi lebih simpel. Lebih hemat. Dengan demikian, kamu mungkin akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menarik nafas panjang dan menikmati hidupmu.

    Bangun Lebih Awal

    Memulai hari lebih awal adalah salah satu cara untuk membuat waktumu menjadi sedikit lebih longgar. Jika kamu memang tidak menyingkirkan salah satu kegiatan dari jadwalmu tapi kamu tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan segala sesuatunya, cobalah untuk bangun satu atau dua jam lebih awal dan mulailah harimu lebih cepat.

Nah, itulah strategi-strategi yang akan sedikit membantumu mengatasi jadwal kesibukan yang menggunung. Yang perlu kamu ingat adalah bahwa setiap orang memiliki kesibukannya sendiri-sendiri dari waktu ke waktu. Tapi, jika kamu terlalu sibuk dengan segala kegiatanmu, kamu tidak akan memilki cukup waktu untuk dirimu sendiri. Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk dirimu sendiri, kamu tentu tidak akan dapat memiliki hidup dengan bahagia. So, ingatlah selalu untuk menyediakan cukup waktu untuk dirimu mulai sekarang juga ya, Ladies!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading