Sukses

Beauty

Depresi Bikin Hidup Makin Pusing, Makanan-Makanan Enak Ini Bisa Melawannya

Depresi, mungkin kedengarannya tidak seseram apa yang terjadi. Penderita depresi seringkali membutuhkan "perlindungan" ekstra untuk tidak membuat kondisinya semakin parah. Perlindungan itu ternyata juga bisa datang dari makanan, Ladies. 5 superfood ini bukan hanya baik untuk penderita depresi, namun juga baik untuk mencegah Anda dari depresi.

Menurut delish.com, suatu penelitian yang dilakukan bulan ini dan dipublikasikan dalam BMC Medicine menemukan hubungan antara nutrisi dan kesehatan mental. Setelah mengamati kebiasaan makan lebih dari 15.000 orang dalam 10 tahun terakhir, para peneliti menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak buah, sayur, ikan dan kacang-kacangan memiliki risiko mengalami depresi yang lebih rendah lho.

Ini dia makanan-makanan yang bisa melindungi Anda dari depresi. 

(vem/reg)

Salmon

"Nutrisi yang paling banyak dibutuhkan penderita depresi adalah asam lemak omega-3, karena omega-3 dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan regulasi mood," kata Taz Bhatia, MD.

Sedangkan menurut Kylie Smith, asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan dalam ikan salmon, tuna dan sarden segar diduga adalah nutrisi yang dapat melindungi wanita dari depresi.

Tomat

Suatu penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Affective Disorders menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi tomat akan setengah kali berisiko lebih rendah terserang depresi, dibanding dengan orang yang tidak makan tomat secara rutin.

"Tomat mengandung lycopene, senyawa antioksidan yang dapat mencegah Anda dari terserang penyakit jantung, stroke, dan depresi," kata Dr. Bhatia.

Kacang Arab

"Penderita depresi sering kali sangat kekurangan vitamin B, khususnya vitamin B-6, yang dapat meregulasi metabolisme dan merusak neurotransmitter, termasuk serotonin dan dopamine," kata Dr. Bhatia. "Sedangkan kacang arab adalah sumber vitamin B yang baik," lanjutnya.

Serelia Utuh

Atau biasa disebut dengan whole grain. Suatu penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan hubungan antara asupan serat yang tinggi, dengan risiko depresi yang lebih rendah. Sedangkan serelia olahan (misalnya roti putih) dihubungkan dengan risiko tinggi terserang depresi. Serelia utuh kaya akan serat dan merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi otak.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

"Kacang-kacangan kaya akan asam amino, protein, dan lemak baik. Ketiganya merupakan senyawa kimia yang baik bagi otak dalam meningkatkan produksi serotonin," kata Dr. Bhatia.

Sederhana bukan makanan yang dibutuhkan untuk melawan depresi. Jangan lupa tambahkan makanan-makanan tersebut dalam menu makanan Anda ya, Ladies.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading