Sukses

Beauty

Sering Terlambat Menstruasi? 5 Penyebabnya Sering Tidak Disadari

Sakit gigi, sakitnya patah hati, sakit kepala karena pekerjaan, pusing karena skripsi tak kunjung selesai, rasanya tidak akan mampu bersanding dengan rasa sakit yang kamu derita tiap kali datang bulan. Belum lagi tanggal yang tidak tentu entah kapan datangnya menstruasi ini. Beberapa wanita memang memiliki kecenderungan siklus menstruasi yang teratur. Namun beberapa wanita justru mengalami siklus menstruasi yang maju mundur. Sadar atau tidak, ada hal-hal tertentu yang mempengaruhi siklus menstruasi kamu lho, Ladies. Nah, agar bulan depan jadwal menstruasi datang tepat waktu, hindari beberapa pengacau, seperti yang dilansir marieclaire.com berikut ini ya, Ladies.

    Stres

    Stres, sekecil apapun dapat mempengaruhi siklus menstruasi lho. Saat stres, tubuh akan melepaskan kortisol, yang jika itu sering terjadi, akan berdampak pada siklus menstruasi. Dampaknya, menstruasi bisa menjadi tidak teratur, atau kamu justru malah tidak menstruasi. Oh no!

    Tidur Tidak Teratur

    Baik kurang tidur, atau jam tidur yang tidak menentu, keduanya mampu mempengaruhi siklus menstruasi, dan membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Bahkan, kurang tidur juga bisa membuat menstruasi kamu lebih lama dari biasanya.

    Konsumsi Kopi Berlebih

    PMS seringkali menyebabkan beberapa gangguan emosi, mulai dari kecemasan hingga bisa menyebabkan kamu sulit tidur. Untuk menenangkan diri serta membantu membuat kamu lebih segar, kopi seringkali menjadi pilihan yang tepat. Padahal, terlalu banyak minum kopi juga bisa mengacaukan siklus menstruasi lho!

    Terlalu Banyak Bepergian

    Bepergian seringkali membuat siklus tidur terganggu, dan membuat kamu lelah. Karena saat banyak bepergian, produksi melatonin, si hormon tidur menjadi tidak normal. Kembali ke poin 2, kurang tidur = menstruasi terhambat.

    Olahraga Terlalu Banyak

    Olahraga yang terlalu banyak dapat menimbulkan stres pada fisik. Akibatnya, produksi hormon yang tidak seimbang juga akan berdampak pada siklus menstruasi.

Itu adalah hal-hal sederhana yang sama sekali tidak terpikirkan dan tidak disadari selama ini. Setelah kita tahu, kita harus menghindarinya, bukan? Demi kelancaran menstruasi dan hidup yang lebih indah!

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading