Sukses

Beauty

25 Hobi untuk 'Melarikan Diri' dari Rutinitas Memusingkan

Bangun pagi, menggeret langkah untuk mandi, lalu bersiap ke kantor atau kampus, belum lagi menerjang padatnya jalanan saat jam berangkat kerja. Dilanjut dengan setumpuk pekerjaan yang menanti di kantor, materi-materi berat di kampus, ditambah lagi kalau harus menghadapi orang-orang menyebalkan (rekan kerja, atasan atau dosen, atau hanya seseorang yang numpang lewat di hari Anda). Ah, lelahnya!

Saat memiliki waktu senggang, apa yang biasa Anda lakukan untuk menghapus penat? Olahraga, membaca buku, menonton tv, tidur, atau malah bingung mau melakukan apa? Nah, jika ini kendala yang Anda hadapi, kami punya daftar hal yang bisa Anda lakukan untuk memecah kepenatan Anda!
 
1. Menulis

Menulis adalah salah satu hobi yang sangat mudah dan disukai banyak orang. Menulis dapat meningkatkan kreativitas dan mengembangkan imajinasi Anda. Selain itu, menulis juga bisa membantu Anda meredam emosi, lho. Anda tidak harus menulis hal-hal yang serius, cukup tuangkan saja isi hati Anda, atau jika sedang mood, Anda bisa menulis hal-hal yang lebih serius.
 
2. Membaca

Pernah dengar peribahasa, “Buku adalah jendela dunia,” bukan? Yup, buku akan menambah luas pengetahuan Anda. Well, di zaman yang serba digital ini, Anda tidak hanya bisa membaca buku fisik, e-book merupakan alternatif yang banyak digemari. Ohya, selain menulis, membaca juga dapat mengembangkan imajinasi Anda, lho!
 
3. Berjalan-jalan dengan hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang bisa diajak berjalan-jalan, jalanlah bersamanya. Keliling kompleks rumah, ke taman. Selain menyenangkan dan menyehatkan, ini bisa membuat Anda lebih bersosialisasi dengan tetangga.
 
4. Bermain squash

Squash adalah sebuah permainan olahraga yang menggunakan raket dan bola kecil, dimainkan oleh dua orang. Squash mirip dengan tennis, bedanya pada squash, pemain memukul bola ke arah tembok lapangan, dua pemain akan berdiri berdampingan bukannya berhadapan.
 
5. Menunggang kuda

Beberapa orang menyukai hobi ini karena dapat memberikan mereka kesan menyatu dengan alam, juga memberikan rasa bebas.
 

(vem/yel)

Melarikan diri dari rutinitas (lanjutan 1)


6. Menonton film

Mudah sekali, bukan? Kumpulkan saja film-film yang ingin Anda tonton, lalu tontonlah saat Anda butuh ‘pelarian’ sebentar dari rutinitas.
 
7.  Melukis

Wuhu! Bermain dengan warna-warni cat dan menorehkannya di kanvas rasanya tidak pernah salah.
 
8. Memasak

Yuk, ke dapur. Berkenalan dengan berbagai bumbu masak (jika belum). Bahkan, Anda bisa mencoba-coba resep sendiri.
 
9. Menyanyi
Jika Anda senang menyanyi, Anda bisa pakai waktu senggang Anda untuk meng-cover lagu dan jika ingin Anda bisa mengunggahnya. Atau, jika ingin lebih serius, Anda bisa ikut kursus menyanyi.
 
10. Belajar bahasa asing

Menarik, bukan? Anda bisa ikut kelas bahasa-bahasa asing baik ke tempat kursus atau pun online, atau membacanya dari buku juga bukan ide buruk.
 
11. Blogging

Anda bisa mengunggah tulisan-tulisan Anda di blog, atau jika Anda menyukai fashion dan gemar melakukan mix n match pakaian, Anda bisa membuat blog Anda menjadi blog fashion.
 
12. Menari

Ikut kelas menari sendiri atau bersama pasangan/teman-teman, terdengar menarik, bukan?
 
13. Melatih public speaking

Pernah mendengar toastmaster? Yup, klub itu ditujukan untuk membantu orang-orang melatih kemampuan berbicara di depan umum alias public speaking. Tertarik?
 
14. Mendekorasi makanan

Memasak mungkin sudah bukan lagi menjadi tantangan buat Anda. Nah, bagaimana dengan mendekorasi masakan Anda, menghiasnya sedemikian rupa hingga mungkin membuat Anda tak tega memakannya!
 
15. Merangkai bunga

Uhm, mungkin terdengar oldschool, namun hobi ini dapat membantu kreativitas Anda. Lagipula siapa, sih, yang tidak suka bunga-bunga cantik?

Melarikan diri dari rutinitas (lanjutan 2)

 

16. Aromaterapi

Anda bisa melakukan pijat dengan menggunakan minyak aromaterapi, atau berendam dengan air hangat yang sudah dicampur beberapa tetes aromaterapi. Segar, pastinya.
 
17. Bermain hulahoop

Hihi, seru bukan? Bermain hulahoop di rumah dengan beberapa teman atau saudara pasti menyenangkan!
 
18. Membuat scrapbook

Nah, ini juga mungkin terdengar ‘tua’. Namun, keseruannya tidak akan lekang oleh waktu. Anda bisa mengenang banyak hal ketika membuat scrapbook-Anda sendiri.
 
19. Membuat perhiasan

Jika Anda suka membeli perhiasan, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri? Kini beberapa pembuat perhiasan juga membuka kelas belajar, lho.
 
20. Caving

Naik gunung atau hiking mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan caving? Anda bisa menyusuri goa-goa yang ada di Indonesia. Serunya!
 
21. Merajut

Yup yup, satu lagi ide yang terkesan ‘tua’. Merajut mungkin agak sulit dilakukan awalnya. Namun, ketika Anda sudah menguasai tekniknya, Anda bisa membuat banyak hal: tas kecil, selimut, bahkan baju hangat. Anda juga bisa menghadiahkan hasil rajutan Anda ke orang-orang terdekat Anda.
 
22. Berkebun

Tidak perlu memiliki halaman rumah yang luas, Anda bisa menanam banyak tanaman dalam pot. Bayangkan, memetik makanan Anda sendiri. Menyenangkan sekali!
 
23. Tarot

Jika Anda tidak terlalu menyukai aktivitas fisik, tarot aalah salah satu pilihan hobi Anda. Belajar membaca tarot tak kalah menyenangkan dengan hobi-hobi lainnya, selain itu juga dapat membuat Anda dianggap keren oleh teman-teman Anda.
 
24. Belajar bermain alat musik

Jika Anda senang menyanyi, bagaimana dengan bermain alat musik? Pelajari beberapa alat musik dan mainkan saat waktu senggang atau di sela-sela kesibukan.
 
25. Menjadi relawan

Jika Anda menyukai aktivitas sosial, mengapa tidak bergabung dalam organisasi nirlaba yang rajin membuat kegiatan sosial? Atau Anda bisa bergabung dalam beberapa program mereka yang paling menarik minat Anda.


Oleh: asmaraku.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading