Sukses

Beauty

4 Hal Menakjubkan Yang Dilakukan Otak Ketika Seseorang Sedang Tidur

Siapapun tentu mengetahui dan menyadari bahwa otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Otak merupakan pusat saraf dan pusat pengendalian tubuh. Perlu kita tahu, otak tak hanya bekerja saat si pemilik otak dalam keadaan sadar. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ketika tertidur, otak juga akan bekerja dan melakukan hal-hal yang terbilang sangat menakjubkan.

Dilansir dari laman huffingtonpost.com, saat tidur, otak melakukan banyak hal yang akan menjamin kesehatan fisik maupun psikis seseorang. Dan berikut adalah beberapa hal yang dilakukan otak selama kita tertidur. Simak baik-baik ya. Pastikan bahwa Anda memiliki tidur cukup agar kesehatan fisik maupun psikis Anda selalu terjaga dengan baik.

    Membuat Keputusan

    Penelitian yang diterbitkan di dalam Journal Current Biology menemukan bahwa otak memproses rangsangan yang kompleks saat tidur. Ketika kita terjaga, maka akan ada banyak informasi yang didapatkan dan nantinya disimpan dalam otak. Sementara ketika tidur, informasi yang telah tersimpan inilah akan diproses dalam otak. Setelah dilakukan pemrosesan dengan baik, seseorang akan menemukan jawaban atas informasi yang telah diperoleh sebelumnya. Termasuk informasi dan kemantapan hati untuk memutuskan sesuatu.

    Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat

    Penelitian mengungkapkan jika saat tidur, otak akan beristirahat sekaligus bekerja aktif dalam mengumpulkan informasi yang telah diperoleh saat terjaga. Tidak jarang, saat tertidur seseorang akan bermimpi mengenai kehidupan nyata sehari-hari. Kemampuan otak yang baik dalam menyimpan segala informasi tidak jarang akan merangsang kembali ingatan tersebut ke dalam sebuah mimpi. Dan saat tidur, otak juga bekerja dengan baik dalam menyimpan sekaligus membuka kembali segala informasi yang telah ia peroleh.

    Menciptakan Ide Baru

    Saat tidur, otak akan menciptakan ide-ide baru. Beberapa study menyebutkan jika saat tidur, otak tidak sepenuhnya istirahat. Otak justru akan bekerja  lebih aktif, segar sekaligus rileks. Karena kemampuan inilah, tidak jarang orang-orang akan menemukan ide baru justru ketika baru saja terbangun dari tidur. Beberapa orang bahkan dikatakan memiliki kemampuan menganalisa ketika mereka sedang tertidur. Walaupun secara fisik orang tersebut tertidur, telinga dan otaknya masih bekerja dengan baik.

    Membersihkan Racun

    Para peneliti di University of Rochester menemukan bahwa selama tidur, otak akan membersihkan beberapa racun berbahaya terkait dengan neurodegeneration. Dr. Nedergaard dari National Institutes of Health mengungkapkan jika saat tidur, otak akan membersihkan segala bentuk racun kemungkinan besar membahayakan kesehatan dan performanya.


Ladies, itulah beberapa hal menakjubkan yang dilakukan otak selama pemiliknya tertidur. Selain hal di atas, beberapa penelitian menyebutkan bahwa, selama tidur otak juga akan berperan aktif dalam mengontrol sistem pernafasan, membantu proses pencernaan makanan yang ada di dalam perut, mengirimkan sinyal penting pada seluruh tubuh yang membutuhkannya dan menyimpan serta membuka setiap kenangan yang telah diperoleh saat seseorang terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat :)



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading