Sukses

Beauty

4 Tips Menyulap Rumah Jadi Zona Bebas Stres

Rumah seharusnya jadi tempat yang paling nyaman untuk kita. Hanya saja terkadang rumah malah jadi tempat yang makin membuat kita makin stres dan tertekan. Sehingga ketika pulang ke rumah, bukan rasa nyaman yang kita dapat tapi perasaan tertekan dan makin jenuh. Kalau sudah begini, kita harus segera melakukan sesuatu, Ladies.

Ada sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk membuat rumah Anda jadi zona bebas stres. Mulai dari memperhatikan tata ruang hingga interaksi kita dengan anggota keluarga di rumah. Selengkapnya, yuk kita simak uraiannya di bawah ini.

    Bedakan Fungsi Setiap Ruangan

    Ada baiknya memang untuk membedakan fungsi setiap ruangan. Misal, kamar tidur memang khusus untuk tidur dan istirahat, bukan untuk bekerja atau malah ruang menonton televisi. Kalau Anda bekerja di rumah, buat ruang khusus yang memang berfungsi sebagai tempat kerja Anda. Fungsikan setiap ruangan sesuai dengan kebermanfaatannya. Cara ini bisa membantu Anda untuk merasa lebih rileks dan fokus setiap kali beraktivitas.

    Ciptakan Ruang Khusus Mengobrol dengan Keluarga

    Ruang khusus yang dimaksud tak sebatas hanya ruang keluarga saja, ya Ladies. Anda bisa kok menjadikan ruang makan sebagai titik temu semua anggota keluarga untuk mengobrol bersama. Kuncinya ruangan itu bisa mengakomodasi semua anggota keluarga untuk sama-sama merasa nyaman ketika mengobrol di waktu luang.

    Sinar Matahari sebagai Cahaya Alami Rumah

    Ketika pagi menjelang, sinar matahari bisa menghangatkan rumah Anda. Saat akan senja, rumah Anda pun bisa memberi kenyamanan tersendiri. Atur pencahayaan di rumah Anda agar bisa mendapatkan sinar matahari yang berfungsi sebagai cahaya alami rumah. Mood Anda pastinya akan lebih baik saat rumah terlihat terang di pagi dan siang hari. Beraktivitas juga terasa lebih menyenangkan.

    Katakan Tidak pada Berantakan!

    Nah, penting nih untuk menjaga setiap ruangan tetap tertata rapi. Setidaknya setiap benda dan barang berada pada tempatnya masing-masing. Pikiran Anda bisa dengan mudah terpengaruh dari hal-hal yang berada di sekitar Anda. Kalau segala sesuatunya sudah rapi dan bersih, pikiran pun bisa “tersihir” untuk jadi lebih jernih. So, Anda pun nggak akan gampang dikuasai oleh stres, kan?

Kalau rumah sudah memberikan kenyamanan yang Anda butuhkan, Anda bisa lebih mudah mengontrol emosi dan energi tubuh Anda. Kalau pun Anda dilanda stres, Anda bisa menjadikan rumah sebagai “tempat terapi” untuk memulihkan diri.
Apakah rumah Anda saat ini sudah memiliki karakter sebagai zona bebas stress? Kalau belum, yuk coba praktekin tips-tips di atas.



 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading