/body-and-mind/segar-dan-rileks/83799-rahasia-air-sebagai-resep-menurunkan-berat-badan.html

Rahasia Air Sebagai Resep Menurunkan Berat Badan

Senin, 06 Juli 2015 05:30

Oleh: dr. Aria Wibowo

Foto: copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Pola berdiet umumnya dilakukan dengan pola yang sama, mulai dari pengaturan porsi makanan, mengurangi atau mengeliminasi makanan berlemak serta rutin berolahraga. Hanya saja, masing-masing jenis diet akan berbeda jenis makanan yang diperbolehkan serta apa saja pantangannya. Namun, apapun pola diet yang Anda jalani, ada satu hal yang tidak boleh dilepaskan dan penting dalam melakukan diet yang sehat, yaitu kebiasaan cukup meminum air.

Mengonsumsi air telah banyak diyakini sebagai jalan menurunkan berat badan yang paling efektif. Saat tubuh kekurangan air dalam sehari, tubuh secara otomatis akan membutuhkan lebih banyak air untuk menunjang pembakaran lemak, sehingga air yang diminum akan membantu menyusutkan bobot tubuh. Namun, saat air yang diminum sudah cukup, menambah kadar air yang dikonsumsi tentu tidak akan berpengaruh apapun dalam hal penurunan berat badan.

Konsumsi air bagi tubuh bermanfaat untuk membantu setiap proses kerja sel-sel di dalam tubuh. Saat tubuh mengalami dehidrasi, sel-sel di dalam tubuh akan melamban dan hal ini mempengaruhi proses metabolisme tubuh. Padahal, metabolisme merupakan rangkaian reaksi kimia dalam tubuh yang diperlancar kerjanya dengan konsumsi air yang cukup.

Selain memperlancar metabolisme tubuh, air yang diminum juga akan membantu mengatasi rasa haus yang seringkali ditanggapi sebagai rasa lapar. Perut yang terasa ingin mengonsumsi sesuatu sebenarnya bisa berupa reaksi dari tubuh yang kehausan, dan karena adanya kesalahpahaman, kebanyakan orang memenuhi dorongan rasa haus ini dengan mengonsumsi makanan berlebih yang tidak diperlukan. Saat timbul dorongan seperti rasa lapar, awali dengan meminum segelas air dan tunggulah beberapa saat dan perhatikan apakah lapar sudah reda. Dengan demikian, Anda terhindar dari konsumsi berlebihan camilan dan makanan pengganjal perut yang berlemak lainnya.

Selain untuk mengusir rasa lapar, Anda sebaiknya mulai membiasakan diri untuk meminum air sebelum makan makanan berat pada jam-jam makan utama. Dengan mengawali makanan bersama segelas penuh air, Anda akan merasa lebih cepat kenyang dan hasilnya, Anda pun akan makan lebih sedikit. Anda tidak akan makan secara impulsif dan dapat melakukan pengontrolan porsi makan agar diet lebih berhasil.

Air yang dikonsumsi juga akan membantu fungsi ginjal yang bekerja menyaring segala sesuatu yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Dengan ginjal yang berfungsi secara lancar, tubuh Anda akan menjadi lebih efektif serta bekerja secara teratur mengeluarkan zat-zat sisa dari dalam tubuh. Proses pembuangan tumpukan zat sisa dari dalam tubuh pun akan berjalan lebih lancar, dan keteraturan ini akan membantu Anda menurunkan berat badan secara alami.

Untuk mengetahui jumlah pasti air yang harus diminum setiap harinya bagi penurunan berat badan, cobalah membagi bobot tubuh ke dalam satuan pon dan sesuaikan jumlah air yang Anda minum dengan mengalikan satu pon bobot Anda dengan setengah atau satu ons water untuk mendapatkan berapa banyak air yang harusnya Anda konsumsi. Jika bobot tubuh Anda adalah 150 pon (68 kilogram), maka Anda perlu mengonsumsi air sebanyak 75 hingga 150 ons per harinya. Jumlahnya pun bertambah saat Anda tinggal di daerah beriklim panas.

Untuk mengetahui apakah tubuh Anda sudah cukup air, lihatlah warna air seni yang Anda keluarkan. Jika air seni berwarna jernih dan tidak berbau, maka Anda sudah cukup meminum air. Sebaliknya, jika air seni berwarna lebih pekat, gelap dan berbau, maka tubuh Anda jelas mengalami dehidrasi.

Untuk memastikan Anda tetap rutin meminum air bahkan saat Anda tidak sedang berdiet pun, cobalah untuk membawa botol minum di dekat Anda setiap saat dan letakkan gelas berisi air dekat jangkauan tangan Anda saat sedang bekerja maupun di samping tempat tidur. Gantikan minuman bersoda maupun kopi yang mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan tumpukan lemak dengan segelas air. Minumlah sedikit-sedikit air sepanjang hari, jangan meminum enam gelas air sekaligus karena efeknya yang juga tidak baik bagi tubuh.

Selamat mencoba!

Sumber: http://meetdoctor.com/

Manfaat minum air putih

6 Macam Infused Water Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beberapa Minuman Sehat Selain Air Putih

14 Tanda Anda Kurang Minum Air Putih

7 Manfaat Minum Air Lemon Hangat Setiap Pagi

5 Manfaat Minum Air Setelah Bangun Tidur

4 Manfaat Air Hangat Yang Bisa Mempercantik Kulit Dan Rambut Anda

Wah, Ini 4 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari Untuk Kesehatan Anda

(vem/apl)


Rekomendasi Pilihan

Rambutan Kekinian, Asinan yang Bikin Ngiler

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Aries

Sederhanakan harapan kamu agar semua berjalan baik-baik saja.