Sukses

Beauty

4 Gejala Fisik Dari Stres Yang Jarang Anda Duga

Stres atau depresi sering kali hadir ketika seseorang dilanda masalah berat, pekerjaan terlalu menumpuk dan adanya pertengkaran dengan orang yang disayang. Meski kelihatannya seseorang selalu dalam keadaan sehat dan bahagia, tidak jarang orang ini justru sedang menyimpan rasa stres berat dalam dirinya. Dilansir dari laman prevention.com, stres bisa diketahui dari beberapa gejala awal yang ditunjukkannya.

Gejala-gejala ini mungkin sangat jarang disadari. Meski terkesan sangat sepele, beberapa hal yang janggal di pada tubuh bisa menunjukkan bahwa Anda kemungkinan sedang dilanda stres atau depresi. Dan berikut adalah 5 gejala awal yang jarang Anda duga namun bisa jadi adalah gejala stres.

    Kram Saat Menstruasi

    Kram perut saat menstruasi adalah salah satu gejala yang jarang diduga bahwa sebenarnya hal tersebut menunjukkan seseorang sedang dilanda stres. Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University menemukan bahwa kram adalah salah satu gejala stres. Kram merupakan salah satu aktivitas tubuh yang disebabkan karena hormon dalam tubuh tak seimbang, sistem saraf sedang dalam keadaan tidak baik dan suasana hati sedang buruk.

    Mimpi Aneh atau Buruk

    Apakah Anda pernah mengalami mimpi aneh atau mimpi buruk? Jika iya, bisa jadi mimpi aneh atau buruk tersebut terjadi karena Anda sedang dilanda stres sehingga alam bawah sadar Anda terganggu. Rosalind Cartwright, PhD seorang profesor emeritus psikologi dari Rush University Medical Center mengatakan bahwa seseorang yang sedang dilanda stres tidak akan tenang bahkan saat ia tertidur. Seseorang yang sedang mengalami stres akan sering terbangun dari tidur dan tidak jarang ia akan mengalami mimpi aneh serta mimpi buruk.

    Pendarahan Gusi

    Menurut sebuah study yang dilakukan di Brazil menekankan bahwa seseorang yang dilanda stres akan memiliki daya tahan tubuh yang kurang. Ketika hormon stres dalam tubuh bertambah, hal ini bisa memicu pertumbuhan bermacam-macam bakteri pada tubuh dan bakteri tersebut akan dengan sangat mudah menyerang kesehatan gusi serta gigi.

    Jerawat

    Stres dipercaya mampu meningkatkan peradangan di kulit yang bisa mendorong munculnya jerawat, komedo bahkan gangguan kulit lainnya. Gil Yosipovitch, MD, seorang profesor klinis dermatologi di Wake Forest University menyebutkan bahwa gejala paling sering yang menunjukkan seseorang sedang dilanda stres adalah munculnya jerawat di kulit wajah dan kulit lain.


Ladies, itulah beberapa gejala awal dari stres. Agar stres tidak berubah menjadi depresi dan bisa diatasi, sangat perlu bagi Anda untuk lebih bersabar, lebih banyak beraktivitas bersama sahabat dan keluarga dan cobalah menyelesaikan masalah secara baik-baik. Jangan sungkan untuk meminta solusi dari sahabat dan keluarga jika Anda sedang dihadapkan pada masalah yang cukup berat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading