Sukses

Beauty

Awas, Ini 3 Penyakit Sakit Fisik Tanda Anda Sedang Depresi

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda punya beban pikiran atau bahkan membuat Anda stres. Padahal tidak baik memelihara stres terus-menerus karena bisa memicu penyakit mental yang lebih serius seperti misalnya depresi.

Nah, jika Anda sering stres atau penat dengan apa yang Anda lakukan, maka sebaiknya berhati-hati, karena seperti dilansir dari everydayhealth.com, ada beberapa hal bisa menjadi pertanda Anda mengalami depresi, beberapa di antaranya adalah

    Migrain

    Menurut seorang ahli syaraf di Amerika, sebanyak 40% orang dengan migrain ternyata mengalami depresi. Ini karena ada hubungan antara syaraf otak somatik yang tegang saat migrain dengan gangguan kejiwaan, bahkan juga bisa menyebabkan stroke.

    Nyeri sendi

    Menurut sebuah penelitian, orang dengan fibromyalgia memiliki kecenderungan 3,4 kali lipat mengalami depresi berat dibandingkan orang tanpa fibromyalgia. Fibromyalgia sendiri merupakan nyeri sendi akut yang sering dialami saat menaiki tangga atau sendi mengalami tekanan semacamnya. Nyeri sendi seperti ini bisa mengubah mood seseorang dengan cepat.

    Masalah pencernaan

    Ternyata, sel-sel syaraf di usus memproduksi 80-90 persen dari serotonin tubuh, lebih dari yang bisa dibuat otak Anda. Jadi, jika seseorang mengalami masalah pencernaan, produksi serotonin juga bisa terganggu. Kurangnya senyawa yang mengatur perasaan bahagia ini juga secara otomatis memengaruhi mood seseorang dan bisa membuat seseorang stres. Tidak heran jika seseorang dengan masalah pencernaan bisa mengalami depresi.

Jadi, penyakit fisik pun tidak bisa diabaikan karena rasa sakit fisik bisa mengubah mood seseorang. Seseorang yang menderita secara fisik juga bisa mengembangkan gejala depresi.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading