Sukses

Beauty

8 Tips Wajib Anda Coba Untuk Dapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Tidak jarang, karena pekerjaan yang terlalu banyak, tugas kuliah menumpuk, masalah rumah tangga yang tak kunjung selesai, baru putus dari pacar dan sejenisnya, merupakan penyebab utama kenapa seseorang tidak bisa dapatkan tidur yang berkualitas. Meski sudah mencoba yang terbaik, untuk bisa tertidur pulas, sering kali seseorang memilih mengkonsumsi obat penenang atau obat tidur dan melupakan hal-hal sehat yang bisa bantu ia tertidur lebih nyenyak.  

Pada dasarnya, cara terbaik untuk dapatkan tubuh rileks dan pikiran yang lebih tenang adalah dengan tidur. Percaya atau tidak, seseorang yang memiliki waktu istirahat atau tidur cukup akan lebih sehat, awet muda serta lebih mudah berpikir jernih. Namun ingat, kebanyakan tidur justru tidak baik untuk kesehatan fisik ataupun psikis.

Idealnya, seseorang membutuhkan waktu istirahat untuk tidur setidaknya 8 jam dalam sehari semalam. Dan untuk dapatkan tidur nyenyak serta berkualitas, dilansir dari laman asiantown.net, inilah 8 hal sehat yang wajib untuk Anda coba.

(vem/mim)

Jangan Pakai Pakaian Ketat

Untuk dapatkan tidur nyenyak dan berkualitas, pastikan bahwa Anda tidak sedang mengenakan pakaian ketat saat tidur. Usahakan untuk menggunakan pakaian yang longgar atau bisa juga tanpa pakaian namun badan terbungkus selimut. Dengan pakaian yang longgar, hal ini bisa bantu aliran darah dalam tubuh bisa berjalan dengan baik sehingga mampu membuat tidur Anda lebih nyenyak dan badan sehat.

Berhenti Merokok
Kita tentu pasti tahu tentang bahaya merokok. Dan salah satu bahayanya yang jarang diduga adalah merokok mampu menurunkan kualitas tidur seseorang. Zat nikotin dan zat berbahaya lain pada rokok, sangat dipercaya mampu menurunkan kualitas tidur, kesehatan paru-paru, kesehatan jantung bahkan meningkatkan risiko kanker. So, jika Anda ingin memiliki tidur berkualitas, pastikan untuk menghentikan kebiasaan merokok yang tidak sehat.

Makan Buah Pisang

Beberapa study menyebutkan bahwa buah pisang memiliki nutrisi dan vitamin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan pikiran lebih jernih. Ketika Anda ingin memiliki tidur yang nyenyak serta berkualitas, usahakan untuk makan buah pisang sebelum tidur. Selain mengenyangkan dan bisa bikin tidur Anda semakin nyenyak, buah ini juga dipercaya memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit.

Minum Susu Hangat
Minum susu hangat sebelum tidur dipercaya mampu meningkatkan kenyamanan hati seseorang dan meredakan stress. Susu yang mengandung asam amino, triptofan, dan berbagai vitamin di dalamnya dikatakan mampu melawan bahan kimia maupun sel jahat penyebab stress ataupun insomnia.

Matikan Lampu

Beberapa study percaya bahwa mematikan lampu ruangan tempat tidur adalah cara terbaik untuk dapatkan tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Keberadaan cahaya buatan seperti cahaya lampu, TV, Gadget atau cahaya lain justru sangat berbahaya untuk kesehatan dan bisa menurunkan kualitas tidur. Namun, bagi Anda yang takut dengan kegelapan, usahakan menggunakan lampu tidur remang-remang yang lebih hangat dan menenangkan.

Tidak Minum Kopi Setelah Jam 02.00 Malam
Zat kafein yang terkandung dalam kopi adalah salah satu zat yang bisa membuat seseorang kesulitan tidur dengan nyenyak. Dan agar Anda memiliki tidur nyenyak dan berkualitas baik, pastikan untuk tidak minum kopi saat malam terlebih di atas pukul 02.00 malam.

Semprotkan Aroma Lavender di Tempat Tidur

Untuk tidur lebih nyenyak dan kualitas baik, pastikan tempat tidur Anda dalam keadaan harum, bersih serta nyaman. Dan untuk aroma dapatkan aroma harum yang mampu mempernyenyak tidur, Anda bisa menggunakan minyak aroma lavender. Penelitian menyebutkan bahwa aroma lavender memiliki efek relaksasi, memperlambat denyut jantung dan menjaga tekanan darah dalam tubuh seseorang saat ia tertidur.

Ambil Napas Dalam-Dalam Sebelum Tidur
Bernapas dalam-dalam dikatakan sangat perlu untuk Anda lakukan sebelum tidur karena hal ini terbukti membuat pikiran lebih tenang, fresh dan rasa khawatir dalam diri cukup reda. Cobalah untuk selalu tenang sebelum tidur dan buah jauh-jauh perasaan khawatir, perasaan takut maupun perasaan kecewa. Percaya pada diri Anda sendiri bahwa tidur Anda akan nyenyak hingga saat terbangun esok pagi Anda akan menjadi lebih rileks.

Ladies, itulah 8 hal mudah yang wajib Anda coba untuk bisa dapatkan tidur nyenyak serta berkualitas. Selain hal di atas, untuk bisa tidur nyenyak, pastikan bahwa tempat tidur Anda bersih, suhu di dalam kamar tidak terlalu dingin atau terlalu panas, juga miliki pola makan sehat serta olahraga cukup sehari-hari ya... :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading