Sukses

Beauty

Awas Ladies, Sindrom Patah Hati Bisa Jadi Sangat Mematikan

Ladies, mendengar kata 'cinta', jantung Anda pasti langsung berdesir. Anda mungkin mengenal cerita cinta yang romantis dan manis, namun cerita cinta tidak selamanya indah. Ada banyak juga yang merasakan pahitnya cinta, atau biasa mengalami perasaan yang disebut patah hati.

Namun 'sindrom patah hati' berikut ini merupakan suatu nama gangguan pada jantung. Seperti dikutip dari everydayhealth.com, 'sindrom patah hati' atau disebut dengan nama ilmiah tako-tsubo cardiomyopathy ini bisa menyebabkan gagal jantung, hampir mirip dengan serangan jantung.

Berdasarkan studi klinis di American Journal of Medicine, orang dengan kondisi medis seperti obesitas, hipertensi, dislipidemia, diabetes, dan merokok cenderung mengalami tako-tsubo cardiomyopathy atau sindrom patah hati ini. Hal ini lebih sering terjadi di kalangan perempuan, dan hanya sekitar 10% terjadi pada laki-laki.

Gejala biasanya terjadi secara tiba-tiba dan yang bisa dilihat seperti misalnya nyeri dada, sesak napas mendadak dan wajah berubah pucat. Jadi, penting sekali menjaga kebugaran jantung dengan olahraga kardio dan menjaga berat badan ideal.

Jika diet diperlukan, maka lakukan saja. Rajin mengonsumsi makanan sehat dan menghindari rokok juga ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading