Sukses

Beauty

Bad Mood? Yuk, Usir Dengan Makan Ini!

Berbagai hal yang terjadi bisa membuat suasana hati berubah-ubah. Tak jarang, perasaan hati yang buruk atau bad mood datang menghampiri. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengonsumsi makanan berikut untuk mengusir bad mood. Beberapa di antara adalah sebagai berikut:

    Sarden

    Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa orang yang kekurangan omega 3 lebih rentan terkena depresi dan bad mood. Karena itu, konsumsi omega-3 yang cukup bukan hanya akan membuat otak tetap sehat, tetapi juga dapat memperbaiki mood dengan menjaga agar sel-sel otak lebih fleksibel, sehingga dapat bekerja lebih efektif. Nah, omega-3 terdapat pada ikan salmon dan sarden. Anda bisa menyajikan sarden pada makan siang atau disajikan bersama roti gandum untuk sarapan.

    Tiram

    Tiram memiliki kandungan zinc yang dapat memproduksi energi dan kesehatan otak. Selain itu, zinc juga bisa digunakan untuk penderita depresi. Tidak hanya itu, protein yang terdapat pada tiram pun mengandung asam amino yang disebut tirosin, dan bisa menghindarkan Anda dari bad mood.

    Pisang

    Karbohidrat yang terdapat pada buah pisang disebut-sebut dapat memperbaiki mood yang buruk dengan menyerap tripofan di otak. Selain itu, vitamin B6 yang terkandung di dalamnya dapat mengubah triptofan untuk membuat mood Anda kembali bagus. Tidak hanya itu, buah pisang mengandung asam amino, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, kalium, zat besi, dan karbohidrat.

    Ayam

    Dada ayam dapat meningkatkan asupan asam amino (triptofan). Sama halnya dengan pisang, triptofan pun digunakan untuk memproduksi serotin. Fungsinya untuk memengaruhi suasana hati dan memproduksi hormon melatonin, supaya pola tidur lebih baik. Sedangkan, kandungan asam amino lainnya yang terdapat dalam daging ayam adalah tirosin yang bisa mengurangi gejala depresi, sekaligus memproduksi hormon adrenalin dengan fungsi serupa.

    Yogurt

    Makanan yang mengandung vitamin D seperti yogurt, dapat menghindarkan Anda dari bad mood. Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat pada yogurt pun dapat menghilangkan stres dan kecemasan dalam diri. Kekurangan vitamin D pun sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti depresi, osteoporosis, penyakit jantung, dan kanker.

    Bayam

    Dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti, bayam dan brokoli, akan membantu menjaga suasana hati Anda tetap baik. Sayuran hijau pun bisa dikonsumsi dengan berbagai cara seperti sup, salad, atau tumisan. Kekurangan vitamin B sering dikaitkan dengan depresi.

    Cokelat hitam

    Selain enak, cokelat hitam atau dark chocolate dapat membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Sebuah penelitian menyatakan seseorang yang mengonsumsi cokelat hitam akan memiliki hormon stres yang rendah dan jarang cemas.

Nah, jangan sampai bad mood merusak hari Anda lagi ya, jika sudah mulai bad mood, segera siapkan makanan di atas ya.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading