Sukses

Beauty

Tulislah Surat Cinta Setidaknya Sekali Seumur Hidup, Karena...

Nulis surat? Ih, kuno banget deh! Zaman sekarang tuh sudah bukan lagi saatnya berkirim surat. Kan sudah ada teknologi canggih. Sudah banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan lebih cepat dan praktis.

"A letter always seemed to me like immortality because it is the mind alone without corporeal friend." -- Emily Dickinson

Tapi, tahukah Anda bahwa menulis surat itu bisa mendatangkan banyak manfaat? Di tengah makin pesatnya perkembangan internet dan media sosial, sudah jarang sekali orang menggunakan surat untuk berkomunikasi. Padahal sepucuk surat bisa memiliki banyak sekali manfaat besar, baik manfaat dalam kelancaran berkomunikasi maupun kesehatan mental. Dilansir dari huffingtonpost.com, ada sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menulis sepucuk surat, apalagi menulis surat cinta. Read the details here.

(vem/nda)

Menciptakan Memori yang Selalu Dikenang

Penelitian membuktikan adanya hubungan antara menulis dengan perkembangan otak dan kognitif. Dibandingkan dengan mengetik, menulis membuat aktivitas saraf kita jauh lebih aktif. Saat kita menulis sesuatu, maka ada momen yang langsung kita rekam saat itu juga. Jadi ketika suatu hari nanti Anda melihat tulisan tersebut, kenangan dan memori yang dulu pernah ada akan muncul kembali.

Tulislah sepucuk surat cinta untuk seseorang yang Anda cintai saat ini. Maka nanti di masa yang akan datang, Anda bisa mengenang momen-momen indah tersebut. Perasaan bahagia dan jatuh cinta akan selamanya tersimpan dalam sepucuk surat yang Anda buat.

Membuat Perasaan Lebih Bahagia

Expressive writing 'menulis ekspresif' memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan semua indera tubuh. Menulis sepucuk surat cinta dengan penuh emosi dan rasa juga bisa membuat perasaan Anda jauh lebih bahagia. Lega karena sudah berhasil mengungkapkan perasaan. Senang karena beban yang terpendam bisa jauh lebih ringan.

Setiap kata yang ditulis menjadi bukti seberapa besar rasa cinta dan peduli kepada orang yang kita cintai. Apalagi jika kata-kata itu ditulis di selembar kertas cantik. Siapapun yang menerimanya akan merasa sangat dihargai dan dicintai. Ya kalau surat saja dibuat dengan sepenuh hati, pastinya ia akan menjaga orang yang dicintai dengan segenap jiwa.

Meningkatkan Kreativitas

Saat menulis, proses berpikir otak, kemampuan kognitif, dan motorik akan bekerja dengan cara berbeda dibandingkan ketika kita mengetik. Menulis sebenarnya jauh lebih melelahkan. Kita harus menghubungkan daya pikir otak dengan kecepatan tangan saat menulis. Tapi justru di situlah kelebihannya. Pengalaman sensorik saat menulis bisa membuat kita lebih mudah mengalirkan ide-ide. Kita bisa lebih kreatif dengan menulis.

Semua indera akan terlibat ketika kita menulis surat cinta. Itulah kenapa sebuah surat yang ditulis langsung dengan tangan bisa jauh lebih mengena dan menyentuh. Saat menulis surat cinta, kita akan lebih fokus dan bisa lebih mudah mengeluarkan semua emosi dengan tulus. Saat kita mengaktifkan semua indera ketika menulis, maka tak ada lagi ruang dalam otak kita untuk memikirkan hal lain.

Mengabadikan Perjalanan Cinta

Selalu ada sesuatu yang sentimentil dari sepucuk surat. Oke, mungkin Anda bisa menyimpan semua tulisan dengan mengetiknya di komputer atau smartphone, dan bisa membacanya setiap saat. Tapi berbeda jika tulisan itu disimpan dalam sepucuk surat.

Buatlah surat cinta untuk orang yang paling Anda cintai. Itulah cara terindah untuk mengabadikan kisah cinta Anda. Sepucuk surat bisa terasa begitu pribadi dan setiap tulisan jadi semacam harta karun yang semakin lama makin berharga. Nanti di hari tua, Anda akan merasa jauh lebih bahagia. Anda tahu bahwa hidup Anda dipenuhi cinta. Kehangatan dan keindahan cinta, itu semua cukup untuk membuat Anda bahagia kan?

Membuat Kita Jauh Lebih Bersyukur

Bersyukur karena kita masih bisa mengucapkan cinta pada orang yang kita sayangi. Bersyukur masih ada kesempatan untuk menyampaikan semua emosi dan perasaan kita. Sepucuk surat cinta dapat menjadi media kita untuk lebih bersyukur pada semua hal yang kita miliki saat ini.

Hati yang bersyukur. Orang yang bisa lebih bahagia dengan surat yang kita kirimkan untuknya. Perasaan yang terasa lebih tenang. Semua itu bisa kita dapatkan dengan meluangkan sedikit waktu menulis sebuah surat cinta. Matikan semua gadget Anda. Carilah ruang yang paling nyaman. Ambil secarik kertas, lalu tuangkan semua perasaan Anda di dalamnya. Maka hidup akan terasa baik-baik saja.

Jadi, kapan Anda akan menulis surat cinta? Dan siapa orang beruntung yang akan menerima surat Anda?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading