Sukses

Beauty

4 Cara Jitu Usir Kantuk di Siang Hari Tanpa Kafein

Duh, habis makan siang dan istirahat kok jadi ngantuk berat kayak gini sih? Padahal kerjaan masih belum beres semua, belum lagi dengan acara bertemu klien dan sebagainya. Ladies, Anda pasti sering mengalami hal yang semacam ini: mengantuk di siang hari di tengah kesibukan yang masih sangat padat.

Kebanyakan orang akan memilih minum kopi untuk mengusir kantuk di siang hari. Tapi jika Anda selalu mengandalkan segelas kopi untuk mengusir rasa kantuk Anda, nanti Anda malah ketagihan dan tubuh jadi ketergantungan dengan asupan kafein. Terus gimana dong?

Well, ternyata ada beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kantuk di siang hari. Dan cara-cara ini pun mudah dilakukan dan tak memakan banyak biaya. Yuk, langsung kita simak cara-caranya di bawah ini.

    Mencium Aroma Lemon

    Buah lemon bisa menjadi buah wajib yang selalu ada di meja kerja Anda. Dilansir dari huffingtonpost.com, ada penelitian yang menunjukkan bahwa mencium aroma buah lemon bisa merangsang kemampuan mental dan meningkatkan mood. Aroma kulit jeruk yang dikupas pun bisa menjadi pereda stres yang cukup ampuh.

    Mendengarkan Musik

    Pilihlah sejumlah lagu yang bisa membuat Anda kembali bersemangat atau lagu apapun yang Anda sukai. Musik bisa meningkatkan mood dan juga membuat otak kita bersantai sejenak. Coba pasang headphone atau earphone lalu nikmati lagu yang bisa membuat Anda semangat sebelum kembali lagi mengerjakan tugas atau pekerjaan Anda. Just turn the music on and shake your body!

    Perbaiki Posisi Duduk Anda

    Duduk dengan punggung melengkung atau dengan postur tubuh yang kurang baik akan membuat Anda semakin malas untuk melakukan pekerjaan Anda. Solusinya? Atur kembali posisi duduk Anda. Penelitian menunjukkan bahwa duduk tegak dengan postur yang lebih baik bisa membuat Anda lebih berenergi dan bahkan semakin meningkatkan kepercayaan diri Anda. Atau jika masih dirasa kurang, cobalah berdiri dari meja Anda dan berjalan-jalanlah keluar dari kantor sejenak. Supaya badan bisa terasa lebih segar dan bisa kembali produktif bekerja.

    Minum Air Putih

    Saat mengantuk di siang hari, memang paling enak menikmati secangkir kopi atau sekaleng minuman soda dingin. Tapi konsumsi gula berlebih juga kurang baik untuk tubuh Anda. Sebagai gantinya, minumlah air putih karena rasa kantuk itu bisa disebabkan oleh dehidrasi ringan.

Tony Schwartz, presiden The Energy Project, menjelaskan bahwa untuk bisa bekerja dengan lebih optimal, kita perlu selalu memperbarui energi kita setiap 90 menit sekali. Tidak hanya secara fisik tetapi juga secara mental dan emosional. Jadi, cobalah untuk bekerja dengan interval 90 menit, yaitu kita perlu mengistirahatkan tubuh dan pikiran selama beberapa menit setelah bekerja fokus selama 90 menit.

Ladies, sesibuk apapun kita, istirahat itu penting dan sangat diperlukan. Jangan sampai nantinya kita jatuh sakit hanya karena terlalu keras bekerja dan memaksa tubuh untuk beraktivitas tanpa henti.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading